UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS MATERI TOLONG MENOLONG DAN MENYANTUNI ANAK YATIM MELALUI PERPADUAN METODE STUDENT FACILITATOR AND EXPLANING MENGGUNAKAN MEDIA TEKS CERITA PADA SISWA KELAS VIII DI MTS ROUDLOTUL FURQON KEBUMEN KEC. BANYUBIRU KAB. SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

, AHMAD GUZRIZAL FAUDANUS (2020) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS MATERI TOLONG MENOLONG DAN MENYANTUNI ANAK YATIM MELALUI PERPADUAN METODE STUDENT FACILITATOR AND EXPLANING MENGGUNAKAN MEDIA TEKS CERITA PADA SISWA KELAS VIII DI MTS ROUDLOTUL FURQON KEBUMEN KEC. BANYUBIRU KAB. SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
ACC SKRIPSI GUSRIZAL new.pdf

Download (6MB)

Abstract

Ahmad Guzrizal Faudanur.2020. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Materi Tolong Menolong dan Menyantuni Anak Yatim melalui perpaduan Metode Student Facilitator And Explaning menggunakan media teks cerita pada Siswa Kelas VIII di MTs Roudlotul Furqon Kebumen Kec. Banyubiru Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata kunci: Student Facilitator And Explaning, media teks cerita, Hasil Belajar, Al-Qur’an Hadits Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mendeskripsikan penerapan Metode Student Facilitator And Explaning menggunakan media teks cerita pada Siswa Kelas VIII MTs Roudlotul Furqon Desa Kebumen Kec. Banyubiru Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. 2). Untuk mendeskripsikan peningkatkan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Materi Tolong Menolong dan Menyantuni Anak Yatim dengan menggunakan Metode Student Facilitator And Explaning menggunakan media teks cerita pada Siswa Kelas VIII MTs Roudlotul Furqon Desa Kebumen Kec. Banyubiru Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Metodelogi pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah tes (pret test dan Post test), observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian bahwa Penerapan Metode Student Facilitator and Explaning sebagai berikut: Peserta didik mengamati media teks cerita peduli pada sesama muslim, tolong menolong dan menyayangi anak yatim, Peserta didik mengemukakan hasil pengamatan gambar dan peserta lain mendengarkan, Masing-masing siswa membaca teks cerita yang sudah disediakan dan menyimpulkan atau mendeskripsikannya, Siswa berdiskusi materi Tolong Menolong dan Menyantuni Anak, Guru melakukan tanya jawab tentang Tolong Menolong dan Menyantuni Anak Yatim dan Siswa menganalisa dan mendeskripsikan sebuah teks cerita yang sudah disediakan oleh guru. Penerapan Metode Student Facilitator and Explaning menggunakan media teks cerita dapat meningkatkan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Materi Tolong Menolong dan Menyantuni Anak Yatim. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil penelitian yaitu Pada pra siklus nilai rata-rata dari 23 siswa yaitu 68,52 dengan rincian 6 siswa tuntas atau 26,08%. Pada siklus I nilai rata-rata 76,82 dengan rincian 16 siswa tuntas atau 69,56% Meskipun terdapat peningkatan, namun hasil tersebut masih jauh dari pencapaian ketuntasan klasikal 85% dari jumlah peserta didik. Sedangkan siklus II nilai rata-rata 85,34 dengan rincian 23 siswa tuntas atau 100%.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Jul 2020 14:54
Last Modified: 13 Jul 2020 14:54
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8913

Actions (login required)

View Item View Item