PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS KETERAMPILAN TINGKAT TINGGI TEMA INDAHNYA KERAGAMAN NEGERIKU PADA KELAS IV MIN 6 MAGELANG

ROHMAH, SITI (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS KETERAMPILAN TINGKAT TINGGI TEMA INDAHNYA KERAGAMAN NEGERIKU PADA KELAS IV MIN 6 MAGELANG.

[img] Text
Artikel Publikasi Ilmiah - Siti Rohmah-12020170043.pdf

Download (202kB)
[img] Text
IMG-20200714-WA0002.pdf

Download (204kB)
[img] Text
IMG-20200714-WA0002.pdf

Download (204kB)
[img] Text
IMG-20200714-WA0002.pdf

Download (204kB)
[img] Text
IMG-20200714-WA0002.pdf

Download (204kB)
[img] Text
IMG-20200714-WA0002.pdf

Download (204kB)

Abstract

Rohmah, Siti. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Tema Indahnya Keragaman Negeriku. Tesis. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Pasca Sarjana Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Dr. Rahmat Haryadi, M..Pd. Kata Kunci: Pengembangan LKS, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah mengetahui kebutuhan pengembangan, proses pengembangan bahan ajar, dan efektivitas LKS berbasis keterampilan tingkat tinggi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV A MIN 6 Magelang. Jenis penelitian adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan merujuk pada model pengembangan Thiagarajan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumen, angket, dan tes. Ujicoba skala terbatas dilakukan di kelas IV B berjumlah 10 siswa dan uji coba skala luas di kelas IV A berjumlah 25 siswa. Teknik analisis data menggunakan uji t dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) berdasarkan hasil wawancara terhadap guru kebutuhan pengembangan LKS berbasis keterampilan berpikir tingkat tinggi meliputi kebutuhan terhadap desain kegrafikan, isi, penyajian, bahasa yang digunakan, dan pendekatan keterampilan berpikir tingkat tinggi. (2) Pengembangan LKS berbasis keterampilan berpikir tingkat tinggi valid berdasarkan validasi dari ahli materi, media, dan guru. Kriteria kelayakan kegrafikan 79% (layak), kelayakan isi 83% (sangat layak), kelayakan penyajian 72% (layak), kelayakan kebahasaan 75% (layak), dan penilaian keterampilan berpikir tingkat tinggi 84% (sangat layak). (3) LKS berbasis keterampilan berpikir tingkat tinggi sangat efektif dan berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa ditunjukkan dengan meningkatnya hasil belajar siswa dengan signifikasi uji t bernilai 0.000 < 0.05 dan uji gain sebesar 0.42 kategori sedang.

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Jul 2020 20:10
Last Modified: 14 Jul 2020 20:10
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8943

Actions (login required)

View Item View Item