PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE BERBASIS ANDROID PADA MATERI ORGAN PERNAPASAN MAKHLUK HIDUP

mu'arofah, zakiyatul (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE BERBASIS ANDROID PADA MATERI ORGAN PERNAPASAN MAKHLUK HIDUP. [UNSPECIFIED]

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui tingkat analisa kebutuhan pengembangan media Crossword puzzle berbasis android pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam materi alat pernapasan makhluk hidup di Madrasah Ibtidaiyyah se-Kecamatan Tembarak dan Selopampang ; (2) untuk mengetahui uji kelayakan pengembangan media Crossword berbasis android pada materi alat pernapasan makhluk hidup bagi siswa; dan (3) untuk mengetahui efektivitas pengembangan media Crossword puzzle berbasis android pada ilmu pengetahuan materi alat pernapasan makhluk hidup bagi siswa MI Nurul Ummah Tawangsari kecamatan Tembarak. Metode penelitian ini adalah research and development ( R&D dengan prosedur ADDIE (Analysis, Design, Development, Implemention, and Evaluation) dengan subjek penelitian adalah guru dan siswa Madrasah Ibtidaiyyah Nurul Ummah Tawangsari. Instrument penelitian yang digunakan adalah angket kondisi nyata, angket analisis kebutuhan, pedoman wawancara, instrument soal pretest dan soal posttest serta lembar uji coba perorangan, kelompok, dan terbatas. Adapun tahapan dari R&D ini sebagai berikut: 1) studi pendahuluan; 2) pengembangan media crossword puzzle ; 3) pengujian keefektivitasan produk. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) kebutuhan media pembelajaran yang inovatif sangat dibutuhkan dalam pembelajaran IPA (2) bentuk pengembangan media crossword puzzle yang berisikan materi organ pernapasan manusia dan hewan yang implementasikan dalam aplikasi permainan di android, uji validasi crossword puzzle diuji berdasarkan butir-butir pertanyaan lembar validasi ahli materi, rerata skor yang diperoleh adalah 81% sedangkan uji validasi berdasarkan lembar validasi ahli media medapatkan rerata sebesar 91% 4) uji coba perorangan medapatkan rerata 95,69%, uji kelomopok sebesar 95%,uji coba kelompok terbatas memperoleh skor 95,38%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media crossword puzzle layak untuk digunakan 3) uji efektifitas terhadap media crossword puzzle dengan nilai uji t 11.159. Hasil tersebut menunjukan bahwa pembelajaran IPA melalui crossword puzzle berbasis android materi organ pernapasan makhluk hidup efektif terhadap peningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Jul 2020 19:58
Last Modified: 15 Jul 2020 13:03
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8964

Actions (login required)

View Item View Item