PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR TEMATIK DENGAN METODE FUN LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA DEKAK - DEKAK PADA TEMA PERISTIWA KELAS II MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL HUDA LOPAIT KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2019/2020

Riyaninicka, Fellyta Nura (2020) PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR TEMATIK DENGAN METODE FUN LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA DEKAK - DEKAK PADA TEMA PERISTIWA KELAS II MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL HUDA LOPAIT KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
skripisi.pdf

Download (4MB)

Abstract

Fellyta 2020. Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Tematik Dengan Metode Fun Learning Pada Tema Peristiwa Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Lopait Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga Pembimbing Suwardi,M.Pd. Kata Kunci : Hasil Belajar Tematik, Keaktifan Belajar, Menghitung (Perkalian,pembagian,pengurangan dan penjumlahan) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tematik pada tema peristiwa pada kelas II MI Miftahul Huda Lopait Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan langkah perencanaan,pelaksanaan,observasi dan refleksi yang dilaksanakan dua siklus. subyek penelitian ini siswa kelas II MI Miftahul Huda Lopait tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 22 siswa yang terdiri dari 14 siswa laku-laki dan 8 siswa perempuan. obyek penelitian ini adalah hasil belajar tematik pada tema peristiwa. penelitian tindakan kelas ini (PTK) menggunakan metode pengumpulan data yaitu tes tertulis,lembar observasi dan dokumentasi. analisis data yang digunakan dengan cara membandingkan nilai hasil belajar setiap siklus yang berpatokan pada KKM MI Miftahul Huda Lopait yaitu 70 dengan ketuntasan klasikal 85%. hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode fun learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas II pada tema peristiwa. keberhasilan penelitian ini dapat ditunjukkan melalui tes yang telah diperoleh. pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 5 siswa atau 22,73% dan yang belum tuntas 17 siswa atau 77,27% dengan rata-rata kelas 53,63. siklus II yang tuntas sebanyak 15 siswa atau 77,27% dengan rata-rata kelas 68,18. dan pada siklus III siswa yang tuntas sebanyak 20 atau 90,91% dan yang belum tuntas sebanyak 2 siswa dengan rata-rata kelas 78,63.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Jul 2020 08:36
Last Modified: 30 Jul 2020 03:20
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8965

Actions (login required)

View Item View Item