PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES

SUSANTI, SRI WIDAYATI ROHMAD (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES.

[img] Text
ARTIKEL PUBLIKASI ILMIAH_SRI WIDAYATI RS_12020170048.pdf

Download (521kB)

Abstract

Pembelajaran yang seharusnya berpusat pada siswa, namun pada kenyataannya masih berpusat pada guru. Minimnya nilai keterampilan proses siswa disebabkan belum adanya bahan ajar berbasis guided inquiry dan keterbatasan guru dalam mengembangkan bahan ajar. Kebutuhan bahan ajar yang diperlukan adalah bahan ajar berbasis guided inquiry yang dapat meningkatkan keterampilan proses siswa serta materi yang berkaitan dengan lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan kebutuhan pengembangan bahan ajar; (2) mengetahui kelayakan bahan ajar yang dikembangkan; dan (3) mengetahui keefektifan bahan ajar dalam pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang menggunakan prosedur pengembangan ADDIE. Analysis dilakukan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan bahan ajar; Design merupakan perancangan produk berupa bahan ajar; Development merupakan pengembangan bahan ajar yang selanjutnya dinilai kelayakannya oleh ahli materi dan media guna perbaikan dan penyempurnaan; Implementation bahan ajar dalam pembelajaran; dan Evaluation merupakan hasil evaluasi yang menunjukkan bahwa bahan ajar tematik berbasis guided inquiry layak digunakan. Teknik analisa data menggunakan uji t-tes paired sample test. Hasil penelitian menunjukkan: (1) belum adanya bahan ajar berbasis guided inquiry yang dapat meningkatkan nilai keterampilan proses siswa, minimnya nilai pada aspek keterampilan proses siswa; (2) pengembangan bahan ajar dikembangkan melalui analisis, perancangan desain, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Analisis; hasil analisis mengetahui kebutuhan bahan ajar yang diperlukan adalah yang berbasis guided inquiry, yang dapat meningkatkan keterampilan proses dan materinya berkaitan lingkungan sekitar. Perancangan desain awal dibuat menarik dan mengakomodasi kebutuhan siswa. Pengembangan desain sesuai dengan saran dan revisi dari ahli materi dan ahli media. Penerapan; diujicoba skala terbatas di kelas IV B dengan 30 siswa, diujicoba skala luas di kelas IVA dan IVC sejumlah 60 siswa. Evaluasi; beberapa jenis instrumen yang digunakan adalah instrumen untuk menilai kelayakan bahan ajar, dan soal pretest dan posttest untuk pengumpulan data nilai siswa; (3) melalui uji t-tes paired sample test untuk ujicoba skala terbatas dan ujicoba skala luas dihasilkan nilai sig 0.000 < 0,05. Bahan ajar tematik berbasis guided inquiry terbukti efektif, menarik dan dapat meningkatkan keterampilan proses siswa.

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Jul 2020 21:52
Last Modified: 19 Jul 2020 21:52
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8989

Actions (login required)

View Item View Item