PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI SUMBER-SUMBER ENERGI MELALUI METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS IV MI MA’ARIF TEJOSARI KECAMATAN NGABLAK KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Setyoko, Bayu (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI SUMBER-SUMBER ENERGI MELALUI METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS IV MI MA’ARIF TEJOSARI KECAMATAN NGABLAK KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Bayu Setyoko. 2020Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi sumber-sumber energi Melalui metode jigsaw pada Siswa Kelas IV MI MA’ARIF TEJOSARI Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2019/20120 Skripsi. Jursan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Dr. Hj. Maslikhah, S.Ag, M.Si. Kata Kunci: Hasil Belaja IPA, Metode Jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatanhasil belajar siswa kelas IV MI MA’ARIF TEJOSARI Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan metode jigsaw. Apakah metode Jigsaw dapat meningktkan hasil belajar siswa materi sumber-sumber energi pada siswa kelas IV MI MA’ARF TEJOSARI Kecamatan Nga b lak Kabupaten Magelang tahun 2020. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek peneltian ini adalah siswa kelas IV MI MA’ARIF TEJOSARI yang berjumlah 16 siswa, yaitu terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksakanan dlam 3 siklus masing-masing siklus terdiri empat tahap yaitu yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Data diambil dari nilai akhir siswa, dokumentasi dan observasi dengan melihat prilaku siswa dalam proses pembelajaran. Instrumn penelitin meliputi, RPP, Lembar Observasi Guru, Lembar Observasi Siswa, dan tes evaluasi.Metode pengumpulan data yang diguakan yaitu, wawancara,observasi, dokumentasi dan tes. Data dianalisis secara sttistik menggunakanrumusan presentase. Hasil dari penelitian menunjukkan Metode Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar materi sumber-sumber energi pada siswa kelas IV MI MA’ARIF TEJOSARI Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2019/2020 Peningkatan dari Pra Siklus samapai Siklus III. Peningkatan dari pra siklus ke siklus I yaitu 30%, dari siklus I ke siklus II 13,2%, dari siklus II ke siklus III 8,75%. Pra siklus tuntas belajar sebnayak 5 siswa atau 31,25% dengan nilai rata-rata 58,12. Siklus I siswa yang tuntas belajar 6 siswa atau 37,5% dengan nilai rata-rata 61,25. Siklus II siswa yang tuntas belajar 10 siswa atau 62,5% dengan nilai rata-rata 74,37. Siklus III siswa yang tuntas belajar 14 siswa atau 87,25% dengan niai rata-rata 83,12.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Jul 2020 11:37
Last Modified: 20 Jul 2020 06:15
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8996

Actions (login required)

View Item View Item