PENGEMBANGAN VIDEO SLIDESHOW BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN

CHABIBAH, SITI (2020) PENGEMBANGAN VIDEO SLIDESHOW BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
BU CHABIBAH TESIS fix.pdf

Download (2MB)

Abstract

Chabibah,Siti.2020. Pengembangan Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Perkembangbiakan Tumbuhan Melalui Video Slideshow Berbasis Contextuan Teaching And Learning (Ctl).Tesis. Jurusan Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Pasca Sarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing; Dr. Peni Susapti,M.Si Masalah dalam proses pembelajaran IPA SD/MI khususnya pada materi Perkembangbiakan tumbuhan kurang menarik dan harus menyesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang menuntut guru harus mampu mengembangkan dan menguasai teknologi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran yang praktis dan mudah untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi perkembangbiakan tumbuhan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) adalah sebuah strategi atau metode penelitian yang cukup ampuh memperbaiki praktik. Subjek uji penggunaan media pada penelitian ini adalah guru kelas VI dan siswa kelas VI MI di Kecamatan kaloran Kabupaten Temanggung. Pengembangan media pembelajaran dengan slideshow pada pembelajaran dan pemahaman materi IPA dengan cara (a) Melakukan penelitian pendahuluan, (b) Mengadakan perencanaan (pendefinisian kemampuan, perumusan tujuan, penentuan bahan dan urutan pembelajaran, (c) Mengembangkan media pembelajaran dengan slideshow, (d) Uji ahli materi dan uji ahli media, (e) penerapan dalam pembelajaran. Hasil Pengembangan Video slideshow pembelajaran berbasis CTL terhadap hasil belajar IPA materi Perkembangbiakan Tumbuhan siswa kelas VI se-Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung sangat layak digunakan berdasarkan hasil yang dicapai adalah sebanyak 19 siswa atau 95% tuntas dan 1 siswa atau 10% siswa tidak tuntas. Hal ini berarti ada peningkatan terhadap ketuntasan belajar siswa. Peningkatan ini sudah seperti yang diharapkan yaitu di atas 75% dari jumlah siswa. Kriteria ketuntasan 95% yang berada di atas 75% ini menandakan bahwa perbaikan pembelajaran kegiatan pmbelajaran telah berhasil.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Jul 2020 14:28
Last Modified: 23 Jul 2020 05:59
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/9013

Actions (login required)

View Item View Item