PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE RESITASI BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL (film) PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V MATERI PERISTIWA SEBELUM PROKLAMASI MI ISLAMIYAH KAUMAN KIDUL KOTA SALATIGA

Primastuti, Rizky Devi (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE RESITASI BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL (film) PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V MATERI PERISTIWA SEBELUM PROKLAMASI MI ISLAMIYAH KAUMAN KIDUL KOTA SALATIGA. [UNSPECIFIED]

[img] Text
PGMI_23040160150_RIZKY DEVI PRIMASTUTI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
PGMI_23040160150_RIZKY DEVI PRIMASTUTI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Primastuti, Rizky Devi.Peningkatan hasil belajar siswa dengan metode resitasi berbantu media audio visual (film) pada mata pelajaran IPS kelas V materi peristiwa sebelum proklamasi Mi Islamiyah Kauman Kidul Kota Salatiga. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing:Drs, Abdul Syukur, M.Si Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Resitasi berbantu media audio visual (film) dan IPS Penelitian ini merupakan salah satu upaya dalam pendidikan dimana untuk memotivasi dalam pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS materi peristiwa sebelum proklamasi pada siswa kelas V MI Islamiyah Kauman Kidul Kota Salatiga apakah dengan menggunakan metode resitasi berbantu media audio visual (film) ini dapat meningkatkan hasil belajar pada materi tersebut, untuk menjawab itu semua peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sejumlah dua siklus yang dilaksanakan di MI Islamiyah Kauman Kidul Kota Salatiga. Penelitian yang dilaksanakan di MI Islamiyah Kauman Kidul ini melalui dua siklus dimana didalamnya memuat perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dengan cara membandingkan nilai hasil belajar siswa setiap siklus dengan ditandai dengan peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal. Hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah terjadinya peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS materi peristiwa sebelum proklamasi KKM mata pelajaran IPS adalah 65. Sebelum menggunakan metode resitasi berbantu media audio visual (film), hanya ada 34,48% (10 siswa) yang tuntas,sedangkan 65,52% (19 siswa) belum tuntas. Setelah penggunaan metode resitasi berbantu media audio visual (film) pada siklus I diperoleh 72,41% (21 siswa) tuntas dan 31,03% (8 siswa) belum tuntas, sehingga terjadi peningkatan sebesar 36% dibanding pada pra siklus ke siklus I. Setelah dilakukan refleksi pada siklus I, terjadi peningkatan hasil belajar pada siklus II yaitu sebesar 89,65% (26 siswa) tuntas dan 10,34% (3 siswa) belum tuntas. Dengan demikian terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 17% mengalami peningkatan pada siklus I ke siklus II. Banyaknya siswa yang memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 65 (Kriteria Ketuntasan Minimal) sudah melebihi dari 85% dengan demikian sudah memenuhi Kriteria Ketuntasan Klasikal sebesar 85% dengan KKM 65.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 31 Aug 2020 10:50
Last Modified: 20 Oct 2020 03:44
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9109

Actions (login required)

View Item View Item