UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI IBADAH SHOLAT SISWA MELALUI METODE INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI PURWOSARI KECAMATAN SALAMAN KABUPATEN MAGELANG

SUPRATIWI, SUPRATIWI (2012) UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI IBADAH SHOLAT SISWA MELALUI METODE INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI PURWOSARI KECAMATAN SALAMAN KABUPATEN MAGELANG. Other thesis, stain salatiga.

[img] Text
BAB I.doc

Download (408kB)
[img] Text
halaman i ....docx

Download (753kB)

Abstract

Berbagai dampak negatif dalam menggunakan metode ini seharusnya bisa dihindari jika saya (guru) mau meluangkan waktu dan perhatian dalam mempersiapkan dan menyusun metode ini. Yang diperkenalkan dalam metode index card match adalah pada penstrukturannya. Jadi, sistem pengajaran index card match bisa didefinisikan sebagai kerja atau belajar kelompok. Yang termasuk di dalamnya adalah lima unsur pokok yaitu saling ketergantungan positif, tanggung jawab individual, interaksi personal, keahlian bekerjasama dan proses melaksanakan tugas. Penelitian ini berdasarkan permasalahan : (a). Apakah melaksanakan tugas dengan metode index card match berpengaruh terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam ), (b). Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam setelah diterapkannya metode index card match. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa-siswa Kelas IV SD Negeri Purwosari Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang Tahun 2012. Data yang diperoleh berupa hasil tesf formatif, lembar observasi, kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu siklus I (65%), siklus II (75%), siklus III (85%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode index card match dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa Kelas IV SD Negeri Purwosari Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang Tahun 2012, serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif Penelitian Tindakan Kelas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Sep 2016 02:37
Last Modified: 23 Sep 2016 02:37
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/914

Actions (login required)

View Item View Item