PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DAN AKSELERASI PROGRAM ADIWIYATA BAGI MADRASAH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) KOTA SALATIGA

Maslikhah, Maslikhah (2012) PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DAN AKSELERASI PROGRAM ADIWIYATA BAGI MADRASAH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) KOTA SALATIGA. [Experiment]

[img] Text
PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DAN AKSELERASI PROGRAM ADIWIYATA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Keuntungan menjadi Sekolah Adiwiyata sangat besar, namun bagi sekolah yang ada di Madrasah Aliayah Negeri (MAN) Salatiga tidak mengikuti program tersebut. oleh karena itu maka, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan kebijakan peduli dan berbudaya lingkungan di MAN Salatiga, Pengembangan Kurikulum Berbasis Lingkungan. Pengembangan kegiatan lingkungan berbasis masyarakat, Pengembangan dan pengelolaan sarana pendukung sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, dan faktor penghambat bagi MAN Salatiga untuk mendapatkan redikat sebagai sekolah Adiwiyata. Penelitian ini merupakan field research dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di MAN Salatiga, subyek penelitian meliputi kepala sekolah, wakil kepala bidang kurikulum, wakil kepala bidang kesiswaan, guru pembina OSIS, guru mata pelajaran, dan Kepala Urusan Tata Usaha. Teknik pengumpulan data dengan interviwe mendalam (deep interview), observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi, Pengecekan keabsahan data yang digunakan didasarkan pada empat kriteria yaitu derajat kepercayaan (credibility), keteralihan (transferability), kebergantungan (dependability), dan kepastian (confirmability). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengembangan kebijakan peduli dan berbudaya lingkungan di MAN Salatiga, Akselerasi untuk pengembangan kebijakan sekolah yang diperlukan untuk mewujudkan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan meliputi visi dan misi sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan, kebijakan sekolah dalam mengembangkan pembelajaran pendidikan lingkungan hidup, kebijakan peningkatan sumber daya manusia (tenaga kependidikan dan non kependidikan) di bidang pendidikan lingkungan hidup, kebijakan sekolah dalam upaya penghematan sumber daya alam, kebijakan sekolah yang mendukung terciptanya lingkungan sekolah yang bersih dan sehat, kebijakan sekolah untuk mengalokasikan dan penggunaan dana bagi kegiatan yang terkait dengan masalah lingkungan hidup. Pengembangan Kurikulum Berbasis Lingkungan melalui Akselerasi pengembangan kurikulum berbasis lingkungan melalui penyampaian materi lingkungan hidup kepada siswa dapat dilakukan melalui kurikulum secara terintegrasi. Akselerasi pengembangan kegiatan berbasis partisipatif dalam rangka mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan, warga sekolah perlu dilibatkan dalam berbagai aktivitas pembelajaran lingkungan hidup. Akselerasi pengelolaan dan atau pengembangan sarana pendukung sekolah dalam mewujudkan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan perlu didukung sarana dan prasarana yang mencerminkan upaya pengelolaan lingkungan hidup. Pengelolaan dan pengembangan sarana tersebut antara lain meliputi pengembangan fungsi sarana pendukung sekolah yang ada untuk pendidikan lingkungan hidup, peningkatan kualitas pengelolaan lingkungan di dalam dan di luar kawasan sekolah, penghematan sumber daya alam (air, listrik, dan alat tulis kantor), dan pengembangan sistem pengelolaan sampah. Faktor penghambat MAN Kota Salatiga untuk mendapatkan penghargaan Sekolah calon Adiwiyata antara lain hambatan sumberdaya alam dan lingkungan serta sumber daya manusia. Key words: Pendidikan Lingkungan Hidup, Akselerasi, Adiwiyata

Item Type: Experiment
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Sep 2020 10:25
Last Modified: 30 Sep 2020 03:26
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/9143

Actions (login required)

View Item View Item