PROGRAM ECO CAMPUS DALAM PENDIDIKAN UNTUK PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN PADA UNIVERSITAS KONSERVASI

Maslikhah, Maslikhah (2013) PROGRAM ECO CAMPUS DALAM PENDIDIKAN UNTUK PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN PADA UNIVERSITAS KONSERVASI. [Experiment]

[img] Text
PROGRAM EKO KAMPUS DALAM PENDIDIKAN UNTUK PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN PADA UNIVERSITAS KONSERVASI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui perencanaan pendidikan lingkungan hidup pada program eco campus dalam pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan pada universitas konservasi, Pelaksanaan pendidikan lingkungan hidup kebijakan program eco campus dalam pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan pada universitas konservasi, Hambatan pelaksanaan pendidikan lingkungan hidup pada program eco campus dalam pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan pada universitas konservasi. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan penelitian kualitatif. Tempat penelitian di Unnes Semarang Jawa Tengah. Waktu penelitian dilaksanakan selama enam bulan dari Juni sampai Desember 2013. Jenis dan pendekatan penelitian adalah field research. Subyek penelitian adalah mahasiswa dan tim lembaga pengembang konservasi Unnes. Sumber data dari unsur 3 P, yang meliputi person, paper, dan place. Teknik Pengumpulan data dengan menggunakan wawancara mendalam dan observasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan display data. Pengecekan keabsahan data dengan mendasarkan pada kriteria derajat kepercayaan, keteralihan, kebergantungan, dan kepastian. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan pendidikan lingkungan hidup pada program eco campus dalam pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan pada universitas konservasi melalui perkuliahan pada mata kuliah pendidikan lingkungan hidup dan integrasi mata kuliah lain pada setiap fakultas. Di samping itu juga melalui pendidikan dan latihan di luar perkuliahan untuk mendukung 7 (tujuh) pilar konservasi yang disebut sebagai bagian dari eco campus. Tujuh pilar tersebut antara lain arsitektur hijau dan transportasi internal, biodiversitas, energi bersih, seni budaya, kaderisasi konservasi, kebijakan nirkertas, dan pengolahan limbah. Perencanaan pendidikan lingkunga hidup melalui prosedur perencanaan, pengembangan, monitoring, tata kelola, dan evaluasi. Pelaksanaan dengan menggunakan siste perkuliahan yang tepat dari sisi materi, metode, media, dan sistem evaluasi. Hambatan pelaksanaan terdapat pada administrasi, sistem manajemen, pendanaan, dan kesadaran yang rendah, sarana dan prasarana yang kurang memadai, dan kebijakan Unnes sebagai universitas konservasi belum dapat didukung dan diterima oleh lembaga/institusi lain.

Item Type: Experiment
Subjects: Ilmu Terapan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Sep 2020 10:27
Last Modified: 30 Sep 2020 03:28
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/9144

Actions (login required)

View Item View Item