PENGARUH ENTREPRENEUR KNOWLEDGE, MOTIVASI DAN PRAKTEK BISNIS NABI MUHAMMAD SAW TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA (STUDI KASUS MAHASISWA MUSLIM DI SALATIGA)

WAHYONO, TRI (2016) PENGARUH ENTREPRENEUR KNOWLEDGE, MOTIVASI DAN PRAKTEK BISNIS NABI MUHAMMAD SAW TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA (STUDI KASUS MAHASISWA MUSLIM DI SALATIGA). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI TRI WAHYONO.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Wahyono, Tri. 2016. Pengaruh Entrepreneur Knowledge, Motivasi, dan Praktek Bisnis Nabi Muhammad SAW Terhadap Minat Berwirausaha ( Studi Kasus Mahasiswa Muslim di Salatiga). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi S1-Perbankan Syari’ah IAIN Salatiga. Pembimbing. Fetria Eka Yudiana, M.Si. Kata Kunci: Entrepreneur Knowledge, Motivasi, dan Praktek Bisnis Nabi Muhammad SAW Terhadap Minat Berwirausaha. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi pengusaha/ wirausaha Indonesia yang tergolong masih sedikit dibandingkan dengan Negara-Negara lain seperti Malaysia, China, dan Amerika, sehingga Indonesia perlu untuk meningkatkan jumlah wirausahanya agar dapat mengurangi masalah ekonomi yang ada, seperti pengangguran dan kemiskinan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah entrepreneur knowledge, motivasi dan praktek bisnis Nabi Muhammad SAW berpengaruh terhadap minat berwirausaha nahasiswa muslim di Salatiga. Metode pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan kepada mahasiswa muslim di Salatiga, dengan kreteria beraga Islam dan pernah mendapatkan mata kuliah kewirausahaan. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden mahasiswa dengan menggunakan tehnik purposive random sampling. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan alat bantu SPSS versi 20 dan dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Analisis ini meliputi uji reliabilitas, uji validitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, pengujian hipotesis melalui uji Ttest dan Ftest serta koefisien determinan (R2). Hasil uji Ttest menunjukkan bahwa entrepreneur knoeledge, motivasi dan praktek bisnis Nabi Muhammad SAW secara parsial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa muslim di Salatiga. Uji Ftest menunjukkan bahwa entrepreneur knoeledge, motivasi dan praktek bisnis Nabi Muhammad SAW secara parsial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa muslim di Salatiga dengan pengaruh sebesar 55,2%, sedangkan sisanya yaitu 44,8% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Sep 2016 01:08
Last Modified: 29 Sep 2016 01:08
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/915

Actions (login required)

View Item View Item