ANALISIS TARGET DAN REALISASI SUPERVISI KELAS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN (STUDI KASUS PELAKSANAAN SUPERVISI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KABUPATEN BANGGAI TAHUN PELAJARAN 2015-2016)

DAIM, SALEH S. (2016) ANALISIS TARGET DAN REALISASI SUPERVISI KELAS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN (STUDI KASUS PELAKSANAAN SUPERVISI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KABUPATEN BANGGAI TAHUN PELAJARAN 2015-2016). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS UNTK PERPUS.pdf

Download (11MB)

Abstract

ANALISIS TARGET DAN REALISASI SUPERVISI KELAS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN (Studi Kasus Pelaksanaan Supervisi PAI di Kabupaten Banggai Tahun Pelajaran 2015-2016) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perencanaan program supervisi kelas oleh pengawas Pendidikan Agama Islam di Kabupaten Banggai Tahun Ajaran 2015-2016, 2) Pelaksanaan supervisi kelas oleh pengawas Pendidikan Agama Islam di Kabupaten Banggai Tahun Ajaran 2015-2016, 3) Efektifitas pelaksanaan supervisi kelas dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam, dan 4) Kendala dan solusi pelaksanaan supervisi kelas yang dilakukan pengawas Pendidikan Agama Islam di Kabupaten Banggai Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di Kabupaten Banggai. Subyek penelitian adalah Pengawas Pendidikan Agama Islam dan guru PAI SD di Kecamatan Luwuk, Luwuk Selatan, Luwuk Utara, dan Luwuk Timur. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan supervisi kelas oleh pengawas PAI di Kabupaten Banggai tahun pelajaran 2015-2016 sesuai pedoman pengawas PAI tahun 2012, meliputi: Program Tahunan, Program Semester, dan Rencana Kepengawasan Akademik (RKA). Pencapaian target kunjungan pengawas pada guru PAI di kelas saat proses belajar mengajar secara keseluruhan adalah 55,17% dalam satu tahun, dan penilaian keberhasilan guru dalam kegiatan belajar mengajar, yakni 75,63% memperoleh nilai baik. Keefektifan pelaksanaan supervisi kelas dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran PAI, ditandai dengan meningkatnya motivasi, mental positif, kompetensi guru dalam melaksanakan KBM. Namun demikian keterbatasan tenaga pengawas PAI, dan kondisi geografis wilayah binaan yang sangat luas dan sulit dijangkau, menjadi kendala pada pencapaian target supervisi kelas secara optimal. Solusinya adalah rekrutmen pengawas baru, perlu adanya strategi pengawas yang lebih efektif misalnya pemanfaatan teknologi dengan baik serta pemerataan jumlah guru atau sekolah dalam wilayah binaan. Kata kunci: Analisis Target, Realisasi Supervisi Kelas, Kualitas Pembelajaran PAI

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Sep 2016 01:16
Last Modified: 29 Sep 2016 01:16
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/916

Actions (login required)

View Item View Item