PERAN ORANG TUA TERHADAP PENCEGAHAN PENYALAHGUNAAN SMARTPHONE BAGI SISWA KELAS IV MI MA’ARIF GLOBAL BLOTONGAN DALAM PEMBELAJARAN DARING

Rusdiana, Kunti (2020) PERAN ORANG TUA TERHADAP PENCEGAHAN PENYALAHGUNAAN SMARTPHONE BAGI SISWA KELAS IV MI MA’ARIF GLOBAL BLOTONGAN DALAM PEMBELAJARAN DARING. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI - KUNTI RUSDIANA - 23040160054.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rusdiana, Kunti. 2020. Peran Orang Tua Terhadap Pencegahan Penyalahgunaan Smartphone Bagi Siswa Kelas IV MI Ma’arif Global Blotongan Dalam Pembelajaran Daring. Skripsi, Salatiga: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Urifatun Anis, M.Pd.I. Kata Kunci : Peran, Orang Tua, Pencegahan, Penyalahgunaan, Smartphone Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk penyalahgunaan smartphone dan peran orang tua dalam mencegah penyalahgunaan smartphone yang terjadi pada siswa kelas IV MI Ma’arif Global Blotongan dalam pembelajaran daring. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan bersifat diskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas IV dan beberapa siswa serta orang tua siswa. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan triangulasi data dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama, bentuk penyalahgunaan smartphone yang terjadi pada siswa kelas IV MI Ma’arif Global Blotongan dalam pembelajaran daring adalah siswa mengakses aplikasi lain di luar tugas belajarnya seperti bermain games online (mobile lagend dan free fire), menonton video di Youtube yang tidak sesuai dengan materi pembelajaran serta mengakses aplikasi tik-tok saat pembelajaran. Kedua, peran yang dapat dilakukan orang tua terhadap pencegahan penyalahgunaan smartphone diantaranya memiliki pengetahuan yang luas, memberikan peringatan dan batasan penggunaan smartphone pada anak, memantau dan memberikan pendampingan, memberikan motivasi dan membantu anak dalam menyelesaikan tugas belajar, melibatkan anak pada aktivitas rumah serta menyediakan media dan sumber belajar lain guna mendukung keberhasilan belajar anak.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Oct 2020 11:05
Last Modified: 18 Oct 2020 08:21
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9166

Actions (login required)

View Item View Item