PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DENGAN METODE THINK-PAIR-SHARE (TPS) MELALUI PROBLEM POSING PADA SISWA KELAS VIII SMPN 06 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

FITRIANA, ATIKA (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DENGAN METODE THINK-PAIR-SHARE (TPS) MELALUI PROBLEM POSING PADA SISWA KELAS VIII SMPN 06 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI ATIKA FITRIANA.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Fitriana, Atika. 2020. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Sistem Pernapasan dengan Metode Think-Pair-Share (TPS) melalui Problem Posing pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 06 Salatiga Tahun pelajaran 2019/2020. Skripsi. Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Eni Titikusumawati, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Hasil Belajar IPA, Think-Pair-Share (TPS), Problem Posing, Sistem Pernapasan Manusia Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA menggunakan metode Think-Pair-Share (TPS) melalui Problem Posing (PP) pada hasil belajar IPA siswa kelas VIII E SMP Negeri 06 Salatiga. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) digunakan untuk memperbaiki proses kegiatan belajar mengajar di kelas. Langkah-langkah PTK yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII E berjumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes tertulis, RPP, lembar observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran IPA pada kelas VIII E dengan metode TPS melalui PP dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II dengan peningkatan siklus 23,34%. Siklus I sebanyak 53,33% siswa tuntas dengan rata-rata 72,1. Siklus II sebanyak 76,67% siswa tuntas dengan rata-rata 80,5. Peningkatan disebabkan karena metode TPS melalui PP memiliki karakteristik adanya kerja sama dalam kelompok, berfikir, berbagi jawaban, serta mampu membentuk soal, dan dapat memecahkan masalahnya sendiri. Hal tersebut membuat siswa lebih aktif dalam bertanya, berani menjawab pertanyaan dari guru, siswa berani dalam mengerjakan soal di depan kelas , dan mampu memahami materi sistem pernapasan manusia. Sehingga metode TPS melalui PP dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Oct 2020 19:43
Last Modified: 15 Oct 2020 13:59
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9168

Actions (login required)

View Item View Item