ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN MADRASAH MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MTs I’ANATUT THOLIBIN CEBOLEK KIDUL KECAMATAN MARGOYOSO KABUPATEN PATI TAHUN AJARAN 2019/2020

NIHAYAH, FARIHATIN (2020) ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN MADRASAH MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MTs I’ANATUT THOLIBIN CEBOLEK KIDUL KECAMATAN MARGOYOSO KABUPATEN PATI TAHUN AJARAN 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
FARIHATIN NIHAYAH -fiks.pdf

Download (6MB)

Abstract

Nihayah, Farihatin. 2020. Analisis Butir Soal Ujian Madrasah Mata Pelajaran Matematika di Mts I’anatut Tholibin Cebolek Kidul Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Wulan Izzatul Himmah, M.Pd. Kata Kunci : Analisis Butir Soal; Validitas; Reliabilitas; Tingkat Kesukaran; Daya Pembeda; Efektivitas Pengecoh; Tingkat Ranah Kognitif; Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran Daya Pembeda, Efektivitas Pengecoh dan Tingkat Ranah Kognitif Soal Ujian Madrasah Mata Pelajaran Matematika di MTs I’anatut Tholibin Cebolek Kidul Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX MTs I’anatut Tholibin yang berjumlah 108 siswa dan objek dalam penelitian ini adalah soal soal dan kunci jawaban Ujian Madrasah Mata Pelajaran Matematika di MTs I’anatut Tholibin Cebolek Kidul Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 30 soal pilihan ganda. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan program ANATES Version 4.09 untuk mencari Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran Daya Pembeda, Efektivitas Pengecoh dan pengategorian untuk Tingkat Ranah Kognitif Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) ditinjau dari Validitas, butir soal yang dinyatakan valid berjumlah 26 butir (86,67%) dan butir soal yang tidak valid berjumlah 4 butir (13,33%). (2) ditinjau dari Reliabilitas, soal memiliki reliabilitas tinggi atau reliabel dengan koefisien Reliabilitas sebesar 0,87. (3) ditinjau dari Tingkat Kesukaran, soal yang termasuk kategori sukar 5 butir (16,67%), soal yang termasuk kategori sedang 25 butir (83,33%) dan soal yang termasuk kategori mudah tidak ada (0%). (4) ditinjau dari Daya Pembeda, soal dengan daya pembeda tidak baik 1 butir (3,33%), soal dengan daya pembeda jelek 3 butir (10%), soal dengan daya pembeda cukup tidak ada (0%), soal dengan daya pembeda baik 19 butir (63,34%) dan soal dengan daya pembeda baik sekali 7 butir (23,33%). (5) ditinjau dari Efektivitas Pengecoh, pengecoh yang termasuk dalam kriteria sangat baik 29 butir (96,67%), pengecoh yang termasuk dalam kriteria baik 1 butir (3,33%), dan tidak ada pengecoh yang termasuk dalam kategori kurang baik, jelek, dan sangat jelek (0%). (6) ditinjau dari Tingkat Ranah Kognitif, butir soal yang termasuk tingkat Mengingat (C1) tidak ada (0%), soal yang termasuk tingkat Memahami (C2) 6 butir (20%), soal yang termasuk tingkat Mengaplikasikan (C3) 19 butir (63,34%), soal yang termasuk tingkat Menganalisis (C4) 4 butir (13,33%), soal yang termasuk tingkat Mengevaluasi (C5) 1 butir (3,33%) dan soal yang termasuk tingkat Membuat (C6) tidak ada (0%).

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Oct 2020 14:12
Last Modified: 16 Oct 2020 14:12
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9177

Actions (login required)

View Item View Item