UPAYA PENINGKATAN KINERJA GURU MI MA'ARIF TINGKIR LOR SALATIGA

SARI, LUKITA (2020) UPAYA PENINGKATAN KINERJA GURU MI MA'ARIF TINGKIR LOR SALATIGA. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Fix New Skrip.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Sari, Lukita. 2020. Upaya Peningkatan Kinerja Guru MI Ma’arif Tingkir Lor Salatiga Tahun 2020. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Dra. Siti Asdiqoh, M.Si Kata Kunci: Upaya peningkatan kinerja guru; MI Ma’arif Tingkir Lor Salatiga Guru adalah seorang pendidik yang memiliki tanggung jawab kepada peserta didik untuk mengembangkan kompetensi atau kualitas dirinya baik secara fisik maupun spiritual. Tugas guru adalah mengajar, mendidik, melatih, membimbing, mengarahkan serta memberikan motivasi kepada peserta didik agar menjadi insan yang berintelektual dan berakhlak mulia. Maka dari itu, guru harus berupaya meningkatkan kinerjanya untuk menjadi pendidik yang berkompeten dan berkualitas sehingga mampu mencetak generasi unggul dan mampu mencapai tujuan pendidikan. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Untuk mengetahui upaya peningkatan kinerja guru MI Ma’arif Tingkir Lor Salatiga Tahun 2020. (2) Untuk mengetahui kendala dan solusi dalam upaya peningkatan kinerja guru MI Ma’arif Tingkir Lor Salatiga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber primer adalah berupa observasi dan wawancara. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru di MI Ma’arif Tingkir Lor Salatiga, komite sekolah, murid dan wali murid. Sementara data sekunder adalah data pendukung data primer. Dalam penelitian ini, sumber data sekunder yakni berupa dokumen di lokasi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Upaya peningkatan kinerja guru di MI Ma’arif Tingkir Lor Salatiga tahun 2020 adalah adanya motivasi diri, workshop dan pelatihan, membangun komunikasi yang baik, peningkatan sarana dan prasarana serta diadakan evaluasi kerja setiap akhir bulan.(2) Kendala dan solusi dalam upaya peningkatan kinerja guru di MI Ma’arif Tingkir Lor Salatiga tahun 2020 adalah kemampuan siswa yang berbeda-beda yang dapat ditangani dengan pemberian perhatian khusus dan jam belajar tambahan, media pembelajaran kurang memadai yang dapat ditangani dengan memanfaatkan media dan sumber belajar secara optimal dan kreatif, informasi sekolah yang tidak merata yang dapat ditangani dengan penyaluran informasi antar murid, antar wali murid atau guru langsung datang ke rumah murid jika diperlukan, siswa yang sulit diatur yang dapat ditangani dengan menerapkan metode pembelajaran yang menarik dan penerapan kontrak belajar serta reward and punishment. Selanjutnya, terdapat faktor penghambat dan pendukung dalam upaya peningkatan kinerja guru di MI Ma’arif Tingkir Lor Salatiga. Faktor penghambat dalam upaya peningkatan kinerja guru di MI Ma’arif Tingkir Lor Salatiga Tahun 2020 adalah minimnya sumber dana dan kurangnya lahan. Sedangkan faktor pendukungnya adalah kedisiplinan guru, pemberian motivasi kepala sekolah kepada guru dan peran komite sekolah yang optimal demi kemajuan madrasah.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Oct 2020 09:36
Last Modified: 19 Oct 2020 02:56
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9188

Actions (login required)

View Item View Item