¬KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI TRIGONOMETRI SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Nurchayati, Nofi (2020) ¬KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI TRIGONOMETRI SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Siswa SMK Muhammadiyah Salatiga belum memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi sehingga mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT). Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Mengetahui apakah rata-rata hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) dan rata-rata hasil belajar siswa kelas konvensional mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). 2) Mengetahui apakah terdapat sebanyak 75% siswa yang mendapat model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) dan siswa kelas konvensional telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). 3) Mengetahui apakah terdapat perbedaan rata-rata peningkatan hasil belajar. 4) Mengetahui apakah model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) efektif terhadap hasil belajar materi trigonometri siswa kelas X SMK Muhammadiyah Salatiga. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling yang kemudian diperoleh kelas X TITL sebagai kelas eksperimen dan kelas X TP 1 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal hasil belajar dan angket kepercayaan diri. ¬Hasil penelitian menunjukkan: 1) Hasil uji ketuntasan KKM menggunakan uji One Sample T-Test pada kelas eksperimen diperoleh nilai sig.(2-tailed) yaitu dengan rata-rata sebesar 79,70 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai sig. (2-tailed) yaitu dengan rata-rata sebesar 66,06. 2) Hasil uji ketuntasan belajar klasikal menggunakan rumus uji proporsi pihak kanan pada kelas ekperimen diperoleh dan pada kelas kontrol diperoleh . 3) Hasil uji perbedaan rata-rata N-Gain menggunakan uji Mann-Whitney U diperoleh nilai sig.(2-tailed) yaitu . 4) Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) efektif ditinjau dari hasil belajar materi trigonometri siswa kelas X SMK Muhammadiyah Salatiga tahun pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Oct 2020 19:18
Last Modified: 19 Oct 2020 19:18
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9227

Actions (login required)

View Item View Item