PENGARUH ISLAMIC SOCIAL REPORTING DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN MAQASHID SYARIAH INDEX SEBAGAI VARIABEL MODERATING (STUDI KASUS PADA BANK UMUM SYARIAH PERIODE 2015 – 2019)

KHOIDAH, ANIK NUR (2020) PENGARUH ISLAMIC SOCIAL REPORTING DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN MAQASHID SYARIAH INDEX SEBAGAI VARIABEL MODERATING (STUDI KASUS PADA BANK UMUM SYARIAH PERIODE 2015 – 2019). [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI ANIK FIX (63010160249)-3.pdf

Download (3MB)

Abstract

Khoidah, Anik Nur 2020. Pengaruh Islamic Social Reporting dan Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan dengan Maqashid Syariah Index sebagai Variabel Moderating Studi Kasus pada Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2015-2019. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Program Studi S1 Perbankan Syariah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Dr. Ahmad Mifdlol Muthohar Lc., M.S.I. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Islamic Social Reporting dan Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan, dengan Maqashid Syariah Index sebagai Variabel Moderating pada Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2015-2019. Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif dengan populasi Bank Umum Syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sedangkan sampel penelitian ini ditentukan dengan metode purposive sampling dengan kriteria yang telah ditentukan peneliti sehingga diperoleh 60 sampel dari 12 Bank Umum Syariah pada periode pengamatan (2015-2019). Jenis data yang digunakan adalah data sekunder, metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan uji Moderated Regression Analysis (MRA) menggunakan software pengolah data Eviews 10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Islamic Social Reporting, Ukuran Dewan Komisaris Independen, dan Maqashid Syariah Index berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan, sedangkan Ukuran Dewan Direksi, Ukuran Komite Audit dan Ukuran Kepemilikan Institusional tidak berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan, dan hasil Moderated Regression Analysis menunjukkan bahwa Maqashid Syariah Index mampu memoderasi hubungan Islamic Social Reporting, dan Ukuran Dewan Komisaris Independen terhadap Nilai Perusahaan, namun Maqashid Syariah Index tidak mampu memoderasi hubungan antara Ukuran Dewan Direksi, Ukuran Komite Audit, dan Ukuran Kepemilikan Institusional terhadap Nilai Perusahaan. Kata Kunci: Islamic Social Reporting, Good Corporate Governance, Maqashid Syariah Index, dan Nilai Perusahaan.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Oct 2020 09:27
Last Modified: 21 Oct 2020 13:03
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9236

Actions (login required)

View Item View Item