RELEVANSI NILAI-NILAI KARAKTER DALAM FILM RUMAH TANPA JENDELA KARYA ASMA NADIA DENGAN PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Nafisah, Wachidatun (2020) RELEVANSI NILAI-NILAI KARAKTER DALAM FILM RUMAH TANPA JENDELA KARYA ASMA NADIA DENGAN PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI - WACHIDATUN NAFISAH (23040160065).pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Nafisah, Wachidatun. 2020. “Relevansi Nilai-Nilai Karakter dalam Film Rumah Tanpa Jendela Karya Asma Nadia dengan Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah.” Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Hj. Lilik Sriyanti, M. Si. Kata kunci: Nilai-Nilai karakter, Film Rumah Tanpa Jendela, Pendidikan di MI Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai karakter dalam film Rumah Tanpa Jendela dan untuk mengetahui relevansi nilai-nilai karakter dalam film Rumah Tanpa Jendela terhadap pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah. Jenis penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam dalam penelitian ini adalah studi dokumentasi meliputi data primer yakni isi film Rumah Tanpa Jendela dan data sekunder yakni hasil tulisan yang membahas tentang film Rumah Tanpa Jendela baik berupa buku maupun jurnal dan artikel. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis isi (content analisys) yaitu untuk menganalisis isi pesan dan mengolah pesan atau suatu alat untuk mengobservasi dan menganalisis isi perilaku komunikasi yang terbuka dari komunikator yang dipilih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Nilai-nilai karakter yang terdapat dalam film Rumah Tanpa Jendela antara lain: Nilai religius, nilai bekerja keras, nilai jujur, nilai tanggung jawab, nilai disiplin, nilai mandiri, nilai bersahabat/komunikatif, nilai peduli sesama, nilai peduli lingkungan, nilai toleransi. 2) Nilai-nilai karakter dalam film Rumah Tanpa Jendela relevan diterapkan dalam pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah karena pengimplikasiannya dalam pendidikan sering dilakukan oleh guru dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) seperti halnya: dalam meningkatkan ibadah dan keimanan kita kepada Allah SWT. melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya, bekerja keras dan tidak mudah putus asa dalam meraih segala apapun, mengutarakan yang sebenarnya dalam suatu tindakan maupun perkataan, mempertanggung jawabkan segala perbuatan dan keputusan yang telah diambil, taat terhadap aturan/tata tertib, tidak mudah bergantung dengan orang lain, mengajarkan kebersamaan dan kepedulian dalam diskusi/kerja kelompok, mengajarkan untuk saling menjaga lingkungan sekitar, menghormati dan menghargai orang lain.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Oct 2020 10:05
Last Modified: 20 Oct 2020 10:05
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9239

Actions (login required)

View Item View Item