Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Daring Siswa Kelas IV pada Pembelajaran Tematik terhadap Pencapaian KKM di MI Ma’arif 2 Wadas Kecamatan Kandangan Kabupaten Temanggung Tahun Ajaran 2019/2020.

Selviana, Eka (2020) Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Daring Siswa Kelas IV pada Pembelajaran Tematik terhadap Pencapaian KKM di MI Ma’arif 2 Wadas Kecamatan Kandangan Kabupaten Temanggung Tahun Ajaran 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Skripsi Eka Selviana.pdf

Download (2MB)

Abstract

Eka, Selviana. 2020. Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Daring Siswa Kelas IV pada Pembelajaran Tematik terhadap Pencapaian KKM di MI Ma’arif 2 Wadas Kecamatan Kandangan Kabupaten Temanggung Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Salatiga. Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Drs. Sumarno Widjadipa, M. Pd Kata Kunci: Peran Orang Tua, Pembelajaran Daring, Pencapaian KKM Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua, kendala, solusi dan pencapaian siswa dalam pembelajaran daring siswa kelas IV pada pembelajaran tematik terhadap pencapaian KKM di MI Ma’arif 2 Wadas, Kandangan, Temanggung tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (case study). Subjek dalam penelitian ini yaitu orang tua siswa dan guru kelas IV. Pengumpulan data diambil melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Penulis berperan sebagai pewawancara langsung untuk menggali data melalui orang tua dan guru kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua dalam pembelajaran daring yaitu: 1. Sebagai fasilitator: menyediakan media smartphone, menyediakan kuota jaringan internet, tempat belajar yang nyaman. 2. Sebagai pendamping belajar: mendampingi saat anak melaksanakan pembelajaran daring. 3. Sebagai pembimbing dan pendidik, yaitu orang tua sekaligus menjadi guru ketika anak menghadapi kesulitan materi. 4. Sebagai motivator: memberikan semangat, dorongan, dan reward. Kendala yang dihadapi orang tua yaitu: 1. Mengatur emosional anak, 2. Minimnya tingkat pemahaman orang tua, 3. faktor ekonomi orang tua, 4. jenis pekerjaan orang tua. Solusi dalam mengatasi kendala pada pembelajaran daring yaitu: 1. Sabar dan telaten dalam memberikan pendampingan. 2. Rajin memberikan motivasi belajar kepada anak. 3. Rajin memperhatikan waktu belajar anak. 4. Menjalin komunikasi yang baik dengan guru dan anak. 5. Berikan suasana belajar yang nyaman kepada anak. 6. Meluangkan waktu untuk melakukan pendekatan lebih kepada anak. Pencapaian KKM siswa kelas IV dari nilai harian dan nilai praktek menunjukkan bahwa dalam pembelajaran daring siswa kelas IV MI Ma’arif 2 Wadas, Kandangan, Temanggung dapat melampaui target dimana lebih dari 85% siswa mencapai KKM. Hal ini menunjukkan bahwa peran orang tua dalam pembelajaran daring memiliki pengaruh besar terhadap pencapaian KKM anak.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Oct 2020 10:26
Last Modified: 20 Oct 2020 10:26
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9244

Actions (login required)

View Item View Item