PERBANDINGAN EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION POSING DENGAN QUANTUM LEARNING TIPE TANDUR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MENGGUNAKAN THREE-TEIR MULTIPLE CHOICE DIAGNOSTIC TEST BERBASIS E-LEARNING SISWA KELAS XI MIPA DI SMA N 1 BRINGIN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Asyary, Muhammad Luqman (2020) PERBANDINGAN EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION POSING DENGAN QUANTUM LEARNING TIPE TANDUR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MENGGUNAKAN THREE-TEIR MULTIPLE CHOICE DIAGNOSTIC TEST BERBASIS E-LEARNING SISWA KELAS XI MIPA DI SMA N 1 BRINGIN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Skripsi 23070160125 M. Luqman A..pdf

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Asy’ary, Muhammad Luqman. (2020). Perbandingan Efektivitas Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing dengan Quantum Learning Tipe TANDUR Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Three-Teir Multiple Choice Diagnostic Test Berbasis E-Learning Siswa Kelas XI MIPA Di SMA N 1 Bringin Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Salatiga: Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Muhammad Istiqlal, M.Pd. Kata Kunci: Problem Posing Tipe Post Solution Posing; Quantum Learning Tipe TANDUR; Pemahaman Konsep Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan efektivitas model pembelajaran problem posing tipe post solution posing dengan quantum learning tipe TANDUR terhadap pemahaman konsep matematika pada materi integral tak tentu menggunakan three-teir multiple choice diagnostic test berbasis e-learning siswa kelas XI MIPA di SMA N 1 Bringin Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat eksperimen semu dengan desain Posttest Only Control Group design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 SMA N 1 Bringin. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal pemahaman konsep matematika Three-Teir Multiple Choice Diagnostic Test. Hasil penelitian diperoleh bahwa secara klasikal kategori paham kelas XI MIPA 1 memiliki rata – rata 26,18%. Kemudian kategori paham secara klasikal kelas XI MIPA 2 memiliki rata-rata 21,47%. Sehingga pemahaman konsep kelas XI MIPA 1 lebih tinggi dari pada kelas XI MIPA 2. Kemudian berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji kesamaan rata-rata dengan statistik uji-t diperoleh nilai thitung = -0,00691 berada antara -2,02 ? ttabel ? 2,02 sehingga H0 diterima yang berarti bahwa tidak terdapat perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keefektifan penerapan model pembelajaran problem posing tipe post solution posing pada kelas XI MIPA 1 sama dengan penerapan model pembelajaran quantum learning tipe TANDUR pada kelas XI MIPA 2 terhadap pemahaman konsep matematika menggunakan three-teir multiple choice diagnostic test berbasis e-learning siswa kelas XI MIPA di SMA N 1 Bringin Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Oct 2020 11:59
Last Modified: 20 Oct 2020 11:59
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9255

Actions (login required)

View Item View Item