ANALISIS SOAL TIPE HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA NASKAH SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL KELAS IV MI MA'ARIF TINGKIR LOR KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Sumadi, Fitriya Nanik (2020) ANALISIS SOAL TIPE HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA NASKAH SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL KELAS IV MI MA'ARIF TINGKIR LOR KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Fitriya,_Skripsi[1].pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRACT Sumadi, Fitriya Nanik 2020. Analisis Soal Tipe HOTS (High Order Thinking Skills) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Soal Penilaian Akhir Semester Kelas I MI Ma’arif Tingkir Lor Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Khulatul Lutfiah, M.Pd.I Kata Kunci : Penilaian Akhir Semester 1 (PAS), Tipe High Order Thinking Skills (HOTS) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kategori butir soal berdasarkan kemampuan berpikir dan karakteristik soal tipe HOTS dari tema 1- 5 yang ada di dalam soal penilaian akhir semester (PAS) ganjil mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV di MI tingkir lor Kota Salatiga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis deskriptif jenis analisis dokumen.pemgumpulan data dengan mengambil sebuah peristiwa (deskripsi). Analisa data dilakukan melalui reduksi data, display data, kategorisasi dan kesimpulan data. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Analisis data dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triggulasi sumber dan triggulasi metode, yaitu memeriksa kembali data yang diperoleh melali beberapa sumber. Berdasarkan analisis yang peneliti lakukan kategori soal mata pelajaran bahasa Indonesia berdasarkan kemampuan berpikir pada naskah soal penilaian akhir semester terdapat 3 kategori. Yaitu, kategori berpikir tingkat rendah/ LOTS terdapat 7 soal, kategori berpikir tingkat menengah/ MOTS terdapat 32 soal, dan berpikir tingkat tinggi/ HOTS 14 dari 53 soal dari tema 1-5 mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV. Dan dari soal tipe HOTS terdapat terdapat 2 karakteristik. Yaitu karakteristik soal tipe HOTS mengukur berpikir tingkat tinggi terdapat 8 soal dan berbasis masalah kontekstual 6 soal dari 14 soal HOTS

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Oct 2020 13:17
Last Modified: 20 Oct 2020 13:17
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9260

Actions (login required)

View Item View Item