PENANAMAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK KELOMPOK B TK ISLAM SITI HAJAR TENGARAN TAHUN AJARAN 2020/2021

KUSMIYATI, (2020) PENANAMAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK KELOMPOK B TK ISLAM SITI HAJAR TENGARAN TAHUN AJARAN 2020/2021. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
skripsi kusmiyati fix.pdf

Download (2MB)

Abstract

Adapun pendidikan agama moral yang diberikan pada masa usia dini berdasarkan Permendikbud No 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia dini. Dimana tingkat pencapaian perkembangan anak aspek nilai agama dan moral pada anak usia 5-6 tahun diantaranya: mengenal agama yang dianut, mengerjakan ibadah, berperilaku jujur, penolong, sopan, hormat, sportif, dsb, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, mengetahui hari besar agama, menghormati (toleransi) agama orang lain. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah:1) Untuk mengetahui apa saja nilai agama dan moral yang di tanamkan pada anak kelompok B TK Islam Siti Hajar Tengaran tahun ajaran 2020/2021. 2) Untuk mengetahui bagaimana metode menanamkan nilai agama dan moral anak kelompok B TK Islam Siti Hajar Tengaran tahun ajaran 2020/2021. 3)Untuk mengetahui kendala – kendala yang dihadapi guru dalam menanamkan nilai agama dan moral anak kelompok B TK Islam Siti Hajar Tengaran tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah penelitian Kualitatif. Informan dalam penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru wali kelas kelompok B dan Wali Murid TK Islam siti Hajar Tengaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagai berikut, 1) Materi penanaman nilai agama dan moral kelompok B meliputi meliputi hafalan surat-surat pendek, do’a-do’a harian, sopan santun, praktek sholat dhuha, dan belajar berzakat, 2) metode penanaman nilai agama dan moral yang di gunakan pada saat pandemic yaitu dengan pengguanaan sosial media whatspp group dan pembiasaan keagamaan yang dilakuikan baik disekolah maupun di rumah, 3) kendala yang dialami guru menanamkan nilai agama dan moral yaitu adanya perbedaan pola asuh orang tua pada peserta didik, kurangnya kerjasama dari orang tua murid, waktu pembelajaran yang terbatas, dan perbedaan kemampuan anak dalam mengikuti pembelajaran.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? PIAUD ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Oct 2020 20:11
Last Modified: 20 Oct 2020 20:11
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9269

Actions (login required)

View Item View Item