STRATEGI PEMASARAN PRODUK SIMPANAN SUKA RELA LANCAR PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN (KSPP) SYARIAH AL-IJTIHAD PABELAN KC PASAR WATES TERBAN

LESTARI, WIJI (2016) STRATEGI PEMASARAN PRODUK SIMPANAN SUKA RELA LANCAR PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN (KSPP) SYARIAH AL-IJTIHAD PABELAN KC PASAR WATES TERBAN. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Lestari, Wiji. 2016. Strategi Pemasaran Poduk Simpanan Suka Rela Lancar pada Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan (KSPP) Syariah Al-Ijtihad Pabelan KC Pasar Wates Terban Pabelan Kabupaten Semarang. Tugas Akhir, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Program Studi DIII Perbankan Syariah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Drs. H. Alfred L, M.Si Kata Kunci: Strategi Pemasaran, KSPPS Al-Ijtihad Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Al-Ijtihad merupakan salah satu lembaga keuangan yang berwatak sosial dan bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Lembaga keuangan saat ini bergerak dalam bidang usaha simpan dan pinjam yang berdasarkan prinsip syariah. Produk-produk yang ditawarkan oleh KSPPS ini adalah produk simpanan dan pembiayaan, produk simpanan terdiri dari Si Rela, Si Suka, Si Haji, Si Suqur, dan Si Aman. Sedangkan produk pembiayaan terdiri dari pembiayaan Mudharabah, Pembiayaan Musyarakah, Pembiayaan Murabahah, Pembiayaan Ba’i Bitsaman Ajil, Pembiayaan Ijarah, dan Pembiayaan Qardhul Hasan. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan oleh KSPPS pada simpanan Suka Rela Lancar, prosedur simpanan Suka rela Lancar, dan kendala-kendala yang timbul dalam pemasaran simpanan Suka Rela Lancar. Strategi pemasaran yang diterapkan oleh KSPPS ialah strategi produk, strategi promosi, strategi proses, strategi orang dan strategi bukti fisik. Prosedur simpanan Suka Rela Lancar yaitu mengisi formulir, setelah diperiksa dan disetujui, kemudian mengisi slip sebagai setoran awal. Setelah melakukan setoran setoran akan dibuatkan buku tabungan dan setoran awal akan dimasukkan pada buku tabungan. Kendala-kendala yang dihadapi KSPPS Al-Ijtihad Cabang Wates yaitu banyaknya persaingan dengan produk simpanan Suka Rela Lancar dengan lembaga keuangan syariah lainnya; Animo masyarakat yang masih awam akan simpanan Suka Rela Lancar; Belum adanya Lembaga Penjamin Simpanan; Kurangnya tenaga lapangan yang benar-benar mempunyai ilmu tentang perbankan syariah dan penguasaan tentang produk simpanan Suka Rela Lancar yang kurang memadai; Masyarakat sekitar kurang menganal KSPPS Al-Ijtihad; Kurangnya kesadaran masyarakat sekitar KSPPS Al-Ijtihad untuk menabung; dan minimnya anggota KSPPS Al-Ijtihad yang datang ke kantor.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Oct 2016 02:48
Last Modified: 05 Oct 2016 02:48
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/927

Actions (login required)

View Item View Item