PENGEMBANGAN MADRASAH UNGGUL (STUDI DESKRIPTIF PADA MI MODERN BANI ADAM KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2020)

Fitriyani, Eni Nur (2020) PENGEMBANGAN MADRASAH UNGGUL (STUDI DESKRIPTIF PADA MI MODERN BANI ADAM KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2020). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI_ENI NUR FITRIYANI_PGMI_23040160074.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Fitriyani, Eni Nur, 2020. Pengembangan Madrasah Unggul (Studi Deskriptif Pada MI Modern Bani Adam Boyolali Tahun 2020). Skripsi. Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negri Salatiga. Pembimbing: Dra. Nur Hasanah, M,Pd. Kata Kunci: Pengembangan Madrasah Unggul Kualitas pendidikan masyarakat dapat dilihat dengan ukuran ruang lingkup standar nasional pendidikan yang meliputi: kompetensi lulusan, standar isi, proses, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan, dan standar penilaian pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan madrasah unggul MI Modern Bani Adam di Boyolali. Penelitian ini menggunakan pendekatan jenis kualitatif deskriptif. Dalam memperoleh data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pengembangan MI Modern Bani Adam Boyolali tahun 2020 memiliki program unggulan; 1) Lulusan dengan sikap mencerminkan perilaku soleh sholihah, cerdas, serta berwawasan luas dan berkarakter unggul. 2) Kurikulum, mengacu pada kurikulum Dinas Pendidikan dengan diterapkan Kurikulum 2013 untuk bidang studi umum, kurikulum Departemen Agama untuk bidang studi agama. 3) Pembelajaran, proses belajar mengajar yang menyenangkan dengan model yang inofatif dan di sesuaikan dengan kebutuhan peserta didik 4) Penilaian, pelaksanaan evaluasi menggunakan ulangan harian, Ujian Nasional, PTS, PAS, pekerjaan rumah dan ketika peserta didik belum memenuhi KKM maka diadakan remidial. 5) Pendidik dan Tenaga Kependidikan, pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan dengan melalui kegiatan KKG, Seminar, Diklat dan Supervisi. 6) Sarana dan Prasarana, sarana dan prasarana yang memadai dan mencukupi untuk kebutuhan peserta didik. 7) Pengelolaan, sudah terencana dan kepala madrasah m emantau kinerja untuk meningkatkan mutu pelayanan pendidik sehingga mampu meningkatkan kepuasan dan kepercayaan masyarakat terhadap madrasah. 8) Pembiayaan, sumber dana berasal dari SPP siswa, dana BOS dan dana dari yayasan.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Oct 2020 11:33
Last Modified: 21 Oct 2020 11:33
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9286

Actions (login required)

View Item View Item