ANALISIS PENGARUH TINGKAT RISIKO PEMBIAYAAN MUDHARABAH, MUSYARAKAHDAN MURABAHAH TERHADAP TINGKAT PROFITABILITAS DENGAN MENGGUNAKAN RASIORETURN ON ASSETS (ROA) PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA TAHUN 2010-2014

PERDANA, RIA NITA (2016) ANALISIS PENGARUH TINGKAT RISIKO PEMBIAYAAN MUDHARABAH, MUSYARAKAHDAN MURABAHAH TERHADAP TINGKAT PROFITABILITAS DENGAN MENGGUNAKAN RASIORETURN ON ASSETS (ROA) PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA TAHUN 2010-2014. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
RIA NITA PERDANA 213-12-013.pdf

Download (22MB)

Abstract

ABSTRAK Perdana, Ria Nita. 2016. Analisis Pengaruh Tingkat Risiko Pembiayaan Mudharabah, Musyarakah dan Murabahah terhadap Tingkat Profitabilitas dengan Menggunakan Rasio Return On Assets (ROA) pada Bank Umum Syariah di Indonesia Tahun 2010-2014. Skripsi.Jurusan S-1 Perbankan Syariah.Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.Institut Agama Islam Negeri Salatiga.Pembimbing: Fetria Eka Yudiana, M.Si. Kata Kunci: Risiko Pembiayaan Mudharabah, Risiko Pembiayaan Musyarakah, Risiko Pembiayaan Murabahah, Tingkat Profitabilitas (ROA). Pembiayaan bermasalah merupakan rasio keuangan yang menunjukkan total pembiayaan bermasalah dalam suatu bank syariah. Tingkat NPF (Non Performing Financing) yang tinggi pada suatu bank syariah menunjukkan kualitas suatu bank yang tidak sehat. Faktor lain yang perlu mendapat perhatian khusus dalam menilai tingkat kesehatan bank adalah profitabilitas. Profitabilitas merupakan suatu angka yang menunjukkan kemampuan suatu entitas usaha untuk menghasilkan laba. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tingkat risiko pembiayaan mudharabah, musyarakah, dan murabahah terhadap tingkat profitabilitas bank syariah.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik purposive sampling.Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak delapan Bank Umum Syariah di Indonesia dengan data NPF dan ROA dari tahun 2010-2014.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan studi pustaka.Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan alat bantuEviews 9 SV. Teknik analisis yang digunakan meliputi uji stasioneritas, uji regresi berganda, uji statistik melalui uji ttest, Ftest, koefisien determinasi (R2) dan uji asumsi klasik. Hasil dari analisis regresi berganda yang telah dilakukan diperoleh hasil yaitu,Y = 0.016243 + 0.014558TRPMD - 0.301106TRPMY + 0.037692TRPMR. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa tingkat risiko pembiayaanmudharabah berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap profitabilitas, tingkat risiko pembiayaanmusyarakah berpengaruh negatif dan signifikan terhadap profitabilitas, tingkat risiko pembiayaanmurabahah berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap profitabilitas, tingkat risiko pembiayaan mudharabah, musyarakah, murabahah secara bersama-sama berpengaruh terhadap tingkat profitabilitas bank syariah, serta non performing financing mudharabah merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap profitabilitas Bank Umum Syariah. Sedangkan hasil dari R2 yaitu 0.396258 menjelaskan bahwa hubungan yang lemah antara variabel independen terhadap variabel dependen, 39.6258% sedangkan sisanya 60.3742% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Sehingga untuk peneliti selanjutnya disarankan untuk menambah atau mencari variabel lain yang mempengaruhi tingkat profitabilitas bank syariah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Oct 2016 03:03
Last Modified: 05 Oct 2016 03:03
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/929

Actions (login required)

View Item View Item