PENGARUH KEPRIBADIAN, PENGETAHUAN, DAN PERSEPSI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENGGUNAKAN PRODUK BANK SYARIAH DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA PT. BPRS SUKOWATI SRAGEN)

Bella, Putri Lusyana (2020) PENGARUH KEPRIBADIAN, PENGETAHUAN, DAN PERSEPSI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENGGUNAKAN PRODUK BANK SYARIAH DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA PT. BPRS SUKOWATI SRAGEN). [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI PUTRI LUSYANA BELLA (SAH).pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Bella, Putri Lusyana. 2020. Pengaruh Kepribadian, Pengetahuan, dan Persepsi Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Bank Syariah Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada PT. BPRS Sukowati Sragen). Skripsi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Program Studi S1 Perbankan Syariah Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Fathan Budiman, M.E.I. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kepribadian (X1), Pengetahuan (X2), Persepsi (X3), terhadap Keputusan Nasabah (Y) dengan Kepercayaan (Z) sebagai variabel mediasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah PT. BPRS Sukowati Sragen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik non probability sampling dan purposive sampling, dengan sampel sebanyak 100 nasabah. Pengumpulan data melalui kuesioner atau angkat, wawancara, dan studi pustaka. Uji statistik terdiri dari uji ttest, Ftest, dan koefisien determinasi (????2). Teknik analisis yang digunakan adalah uji Path Analysis. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan alat bantu IBM SPSS statistic version 22. Analisis dalam penelitian ini meliputi uji instrumen penelitian (uji reliabilitas dan uji validitas), uji statistik (uji ttes atau uji parsial, uji Ftes atau uji simultan dan uji R2 atau koefisien determinasi), uji asumsi klasik (uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji normalitas) serta path analysis atau analisis jalur. Berdasrkan hasil uji koefisien deterinasi (????2) menunjukkan bahwa variabel keputusan nasabah dapat dijelaskan oleh variasi dari variabel independen kepribadian, pengetahuan, persepsi dan kepercayaan sebesar 37,7%. Hasil uji Ftest menunjukan bahwa variabel kepribadian, pengetahuan, persepsi dan kepercayaan nasabah secara serentak dan signifikan mempengaruhi variabel keputusan nasabah. Hasil Uji ttest menunjukkan bahwa variabel kepribadian,pengetahuan dan persepsi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan. Variabel kepribadian, pengetahuan, persepsi dan kepercayaan nasabah berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah. Hasil uji Path Analysis menunjukkan bahwa variabel kepercayaan tidak dapat memediasi hubungan antara kepribadian dan persepsi terhadap keputusan nasabah sedangkan variabel kepercayaan dapat memediasi hubungan antara persepsi terhadap keputusan nasabah menggunakan produk bank syariah. Kata Kunci: Kepribadian, Pengetahuan, Persepsi, Kepercayaan, Keputusan nasabah.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Oct 2020 12:12
Last Modified: 21 Oct 2020 05:48
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9292

Actions (login required)

View Item View Item