PENDIDIKAN HUMANISTIK PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN BUSTANUL MUTA'ALLMININ DUSUN BROJODITO DESA PAKIS KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2019/2020

MUNIR, MISBACHUL (2020) PENDIDIKAN HUMANISTIK PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN BUSTANUL MUTA'ALLMININ DUSUN BROJODITO DESA PAKIS KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI MISBACHUL MUNIR FULL FIX-dikonversi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Munir, Misbachul. 2020. Pendidikan Humanistik Pada Santri Di Pondok Pesantren Bustanul Muta’allimin Dusun Brojodito Desa Pakis Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang Tahun 2020. Skripsi. Salatiga: Progam Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga: Pembimbing: Drs. Juz’an, M. Hum. Kata Kunci : Pendidikan; Humanistik; Pondok Pesantren Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk Mengetahui Pendidikan Humanistik Pada Santri Di Pondok Pesantren Bustanul Muta’allimin Dusun Brojodito Desa Pakis Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang Tahun 2020. (2) Untuk Mengetahui Strategi Pendidikan Humanistik Pada Santri Di Pondok Pesantren Bustanul Muta’allimin Dusun Brojodito Desa Pakis Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang Tahun 2020. (3) Untuk Mengetahui Faktor Pendukung dan Penghambat Pendidikan Humanistik Pada Santri Di Pondok Pesantren Bustanul Muta’allimin Dusun Brojodito Desa Pakis Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang Tahun 2020. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer dan sekunder. Pengumpulan data diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pendidikan di pesantren secara tidak langsung mengajarkan santri tentang pendidikan humanistik. Di pondok pesantren bustanul muta’allimin menanamkan nilai-nilai religius yang berkaitan dengan akhlakul karimah seperti yang sudah dikaji santri dalam kitab Ta’limul Muta’alim dan juga melalui kegiatan-kegiatan yang ada terutama kegiatan (sorogan) di pondok pesantren yang secara tidak langsung akan membantu santri untuk terbiasa bersikap humanis. Dalam rangka untuk mendidik dan meningkatkan pendidikan humanistik pada santri di pondok pesantren mempunyai cara tersendiri yaitu menggunakan prinsip seperti yang ada dalam QS. At-Tin ayat 4, yaitu mencetak generasi yang baik, lebih baik dan berkualitas. Faktor pendukung pendidikan humanistik yaitu melalui kebiasaan-kebiasaan yang pengasuh tekankan di lingkungan pondok pesantren yaitu melalui faktor kedisiplinan, kerukunan, kedamaian dan sebagainya. Dan juga dari kebiasaan hidup bersama-sama di pondok pesantren. Faktor penghambat pendidikan humanistik yaitu faktor syaitoniyah atau malas. Kesadaran akan tanggungjawab dan kewajiban sebagai santri masih berkurang karena adanya sifat malas tadi.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Oct 2020 15:06
Last Modified: 21 Oct 2020 08:23
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9321

Actions (login required)

View Item View Item