PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MELALUI PEMANFAATAN BAHAN SEKITAR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BRINGIN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Pristanto, Handi Rizki (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MELALUI PEMANFAATAN BAHAN SEKITAR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BRINGIN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI HANDI FINISH-dikonversi.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pristanto, Handi Riski. 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPA MateriSistem Pernapasan Manusia Menggunakan Model Problem Based Learning melalui Pemanfaatan Bahan Sekitar pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1Bringin Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Prof. Dr. Budiyono Saputro, M.Pd. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL); Bahan Sekitar; Hasil Belajar IPA; Sistem Pernapasan Manusia Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa materi sistem pernapasan manusia pada siswa kelas VIIIdi SMP Negeri 1 Bringin tahun pelajaran 2019/2020 melalui model Problem Based Learning melalui pemanfaatan bahan sekitar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan proses pembelajaran yang mengajak berpikir kritis siswa dengan memanfaatkan bahan di sekitar untuk memperbaiki hasil belajar siswa dari proses pembelajaran yang sebelumnya. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini terdiri dari dua siklus dimana masing-masing siklus memiliki tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pada penelitian ini subjek yang digunakan adalah kelas VIII C yang berjumlah 32 siswa terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian diatas, bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) melalui pemanfaatan bahan sekitar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia kelas VIII SMP Negeri 1 Bringin Tahun Pelajaran 2019/2020. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada setiap siklus. Pada tahap prasiklus siswa yang tuntas atau siswa yang mampu mencapai KBM sebanyak 25 % (8 siswa tuntas) dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 75 % (24 siswa). Pada siklus I siswa yang tuntas terdapat 28 % (9 siswa tuntas) dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 72 % (23 siswa tidak tuntas) sedangkan pada siklus II terdapat siswa yang tuntas sebanyak 84 % (27 siswa tuntas) dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 16 % (5 siswa tidak tuntas). Sehingga pada siklus II terdapat kenaikan hasil belajar siswa dari siklus I sebanyak 56 % berarti dalam penelitian ini dapat dinyatakan berhasil.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Oct 2020 20:32
Last Modified: 21 Oct 2020 13:42
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9338

Actions (login required)

View Item View Item