MANAJEMEN KELAS UNGGULAN PROGRAM KEAGAMAAN (MAPK) DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 SURAKARTA

RAHMAWATI, RISMA ANGGITA (2020) MANAJEMEN KELAS UNGGULAN PROGRAM KEAGAMAAN (MAPK) DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 SURAKARTA. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI Risma Anggita-23010160373.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Rahmawati, Risma Anggita.2020. Manajemen Kelas Unggulan Program Keagamaan (MAPK) MAN 1 Surakarta. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Suwardi, M.Pd. Kata Kunci: Manajemen Kelas Unggulan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kelas unggulan program keagamaan (MAPK) MAN 1 Surakarta. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan metode observasi, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil dari penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa 1) Kurikulum pendidikan kelas unggulan Program Keagamaan (MAPK) MAN 1 Surakarta yang digunakan adalah kurikulum nasional KTSP yang penyusunannya dilakukan oleh satuan pendidikan MAN 1 Surakarta. 2) Pelaksanaan pembelajaran kelas unggulan Program Keagamaan (MAPK) MAN 1 Surakarta dilakukan dengan membuat program pendidikan, dengan mata pelajaran umum dan agama yg diajarkan, dan guru menggunakan metode dan media yang berkembang di dunia pendidikan. 3) Lulusan kelas pnggulan Program Keagamaan (MAPK) MAN 1 Surakarta sudah memenuhi standar kompetensi kelulusan dan mampu bersaing di perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri. 4) Pendidik dan tenaga kependidikan kelas unggulan Program Keagamaan (MAPK) MAN 1 Surakarta ini ada perbedaan pada guru agama yaitu yaitu harus menguasai bahasa Arab dan membaca kitab, serta dilakukan penyeleksian juga ada pembinaan terhadap guru. 5) Sarana dan prasarana kelas unggulan Program Keagamaan (MAPK) MAN 1 Surakarta sudah sangat baik, begitupun dalam pemeliharaan yang dilakukan. Penggunaan sarana prasarana yang beda terletak pada asrama. Perencanaan sarana prasarana melibatkan semua pihak yang ada dan dikoordinir oleh waka sarana prasarana. 6) Pengelolaan kelas unggulan Program Keagamaan (MAPK) MAN 1 Surakarta melibatkan struktur organisasi yang ada di MAN 1 Surakarta yaitu koordinator program keagamaan, kepala asrama, dan waka kesiswaan untuk menyusun kegiatan-kegiatan dan pengembangan peserta didik, serta melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi negeri dalam negeri maupun perguruan tinggi luar negeri. 7) Pembiayaan kelas unggulan Program Keagamaan (MAPK) MAN 1 Surakarta dapat disimpulkan bahwa pembiayaan di MAPK berasal dari pemerintah melalui DIPA dan dari dana sumbangan orang tua (SPP) sebesar delapan ratus lima puluh ribu peranak untuk setiap bulannya. 8) Penilaian kelas unggulan Program Keagamaan (MAPK) MAN 1 Surakarta dilakukan oleh guru, penilaian dari satuan pendidikan dan penilaian dari pemerintah. Hasil prsetasi dari peserta didik MAPK juga sangat baik dengan menjuarai berbagai perlombaan tingkat kota, provinsi, nasional, juga selalu menjadi peringkat lima besar dalam ujian nasional khusus program keagamaan dan terakreditasi A, serta terus melakukan perbaikan mutu disemua komponen madrasah.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Oct 2020 09:35
Last Modified: 27 Oct 2020 08:07
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9358

Actions (login required)

View Item View Item