STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER PADA ANAK DI RA MA'ARIF PULUTAN SALATIGA TAHUN 2020

IRFANTI, INKA HANNA (2020) STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER PADA ANAK DI RA MA'ARIF PULUTAN SALATIGA TAHUN 2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Done SKRIPSI INKA HANNA IRFANTI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Irfanti, Inka Hanna. 2020. Strategi Guru dalam Membentuk Karakter pada Anak di RA Ma’arif Pulutan Salatiga Tahun 2020. Skripsi, ProgramStudi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Lilik Sriyanti, M.Si. Kata Kunci: Strategi, Guru, Membentuk Karakter Anak . Penelitian ini mendeskripsikan mengenai cara guru membentuk karakter anak. Penelitian dilaksanakan di RA Ma’arif Pulutan. Tujuan skripsi ini yaitu: 1) Mengetahui strategi yang dilakukan guru dalam membentuk karakter pada anak di RA Ma’arif Pulutan Tahun 2020. 2) Mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam membentukkarakter pada anak di RA Ma’arif Pulutan Salatiga Tahun 2020. 3) Mengetahui solusi untuk mengatasi kendala yang dihadapi guru dalam membentuk karakter pada anak di RA Ma’arif Pulutan Salatiga Tahun 2020. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Sumber data penelitian meliputi sumber primer (kepala sekolah, wali kelas kelompok A maupun B RA Ma’arif Pulutan Salatiga)dan sumber sekunder berupa dokumentasi dan sebagainya. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Langkah menganalisis data dengan mereduksi, menyajikan, kemudian menyimpulkan data. Pengolahan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan strategi membentuk karakter pada anak di RA Ma’arif Pulutan dilakukan melalui pembiasaan, keteladanan, memberikan reward pada anak, dengan bercerita menggunakan buku pilar karakter. Dalam membentuk karakter anak kendala yang dihadapi guru, diantaranya: perbedaan pola asuh di rumah dengan di sekolah, pengaruh lingkungan dan teman bergaul, karakter anak yang berbeda yang membuat guru agak kesulitan memahami anak. Solusi untuk mengatasi kendala yang dihadapi guru dalam membentuk karakter pada anak di RA Ma’arif Pulutan Salatiga diantaranya: memodifikasi pola asuh, mengikuti pelatihan-pelatihan mendidik atau mengenali karakter anak, sharing-sharing dengan guru, dan sebagainya. Kemudian berkomunikasi dengan orangtua/wali murid peserta didik, menjadi teladan yang baik bagi anak, mlakukan pendekatan pada anak didik terlebih dahulu agar bisa mengetahui karakter dan kepribadiannya, memaksimalkan penanaman karakter sewaktu di sekolah.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: ?? -- Subyek -- ??
Divisions: ?? PIAUD ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Oct 2020 19:39
Last Modified: 10 Nov 2020 04:26
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9378

Actions (login required)

View Item View Item