PENDIDIKAN AKHLAK DALAM PERSPEKTIF K.H. HASYIM ASY'ARI DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN MASA KINI

DEWI, PRAMESWARI AYU MAAJID (2020) PENDIDIKAN AKHLAK DALAM PERSPEKTIF K.H. HASYIM ASY'ARI DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN MASA KINI. [UNSPECIFIED]

Full text not available from this repository.

Abstract

Dewi, Prameswari Ayu Maajid. Pendidikan Akhlak dalam Perspektif K.H Hasyim Asy’ari dan Relevansinya dengan Pendidikan Masa Kini. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing: Rovi’in, M.Ag. Kata Kunci: Pendidikan Akhlak, Moral, K.H. Hasyim Asy’ari Kemerosotan moral yang terjadi di Indonesia ini cukup memprihatinkan bagi pelaku pendidik. Pemikiran K.H. Hasyim Asy’ari yang tertuang dalam kitab Adab al-Alim wa al-Muta’allim merupakan hasil pemikiran pendidikan yang menekankan pembentukan moral atau akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan akhlak menurut K.H. Hasyim Asy’ari dan bagaimana relevansinya dengan pendidikan masa kini. Penelitian ini menggunakan metode library research dan sumber data primer terjemahan dari kitab Adab al-Alim wa al-Muta’allim karya K.H. Hasyim Asy’ari. Pengumpulan data dengan metode dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal yang berupa catatan seperti buku-buku, majalah, dokumen, artikel, dan sebagainya. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan historis. Melalui kesinambungan historis, dilihat benang merah dalam pemikiran tokoh, baik yang berkaitan dengan lingkungan historis dan pengaruh-pengaruh yang dialaminya, maupun dalam perjalanan hidupnya sendiri. Temuan dalam penelitian ini adalah pemikiran pendidikan K.H. Hasyim Asy’ari yang menitik beratkan pada pendidikan akhlak, dan mengajarkan untuk senantiasa fokus dalam mencari ilmu yang diniatkan untuk mencari ridha Allah. Hal ini sama dengan tujuan pendidikan nasional menurut UU Sisdiknas No.20 Tahun 2003 pasal 3 ingin membentuk generasi yang berketuhanan dan berakhlak mulia. Sehingga ulasan pemikiran pendidikan menurut K.H. Hasyim Asy’ari relevan jika digunakan acuan belajar mengajar di Indonesia masa kini. Mengingat banyaknya masalah pendidikan di Indonesia tentang kenakalan remaja yang sekaligus menandakan adanya degradasi moral yang mencolok dalam dunia pendidikan.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Oct 2020 08:51
Last Modified: 26 Oct 2020 17:45
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9383

Actions (login required)

View Item View Item