ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIPE HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI PELUANG KELAS VIII SMP NEGERI 1 AMBARAWA TAHUN AJARAN 2019/2020

ALWI, MUKHAMMAD RIFAN (2020) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIPE HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI PELUANG KELAS VIII SMP NEGERI 1 AMBARAWA TAHUN AJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
alhamdulillah skripsi jadii.pdf

Download (6MB)

Abstract

Masalah berupa sulitnya siswa memahami materi matematika seperti soal berbentuk HOTS yang diambil dari materi peluang, mengakibatkan siswa melakukan kesalahan-kesalahan dalam menyelesaikan soal tersebut. Melalui analisis kesalahan newman maka akan diperoleh gambaran rinci dari kesalahan yang dilakukan siswa dan faktor-faktor penyebab kesalahan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal tipe HOTS materi peluang dan mendeskripsikan faktor-faktor penyebab kesalahan tersebut. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis deskriptif studi kasus. Melibatkan 12 siswa kelas VIII C. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu metode tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan siswa, (1) pada aspek menganalisis yaitu kesalahan pemahaman, kesalahan transformasi dan kesalahan keterampilan proses, (2) aspek mengevaluasi yaitu kesalahan membaca dan kesalahan tranformasi, sedangkan (3) aspek mencipta yaitu kesalahan membaca, kesalahan pemahaman dan kesalahan transformasi. Faktor-faktor penyebab kesalahan yaitu (1) aspek menganalisis: kurang pemahaman siswa dalam mengubah kalimat cerita menjadi bentuk model matematika, tidak tepat memilih operasi, dan kurang teliti dalam melakukan perhitungan. (2) aspek mengevaluasi: rendahnya kemampuan siswa memahami soal, rendahnya kemampuan siswa dalam menafsirkan masalah matematika, (3) aspek pencipta: kemampuan siswa yang relatif rendah dalam memahami soal, siswa tidak mampu mengembangkan kreativitas dalam menyelesaikan soal.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Oct 2020 14:37
Last Modified: 23 Oct 2020 07:42
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9419

Actions (login required)

View Item View Item