UPAYA MENCIPTAKAN LINGKUNGAN RELIGIUS SISWA SMK GAJAH MADA KAUMAN LOR KECAMATAN PABELAN TAHUN AJARAN 2019/2020

ULYA, KHIMATUL (2020) UPAYA MENCIPTAKAN LINGKUNGAN RELIGIUS SISWA SMK GAJAH MADA KAUMAN LOR KECAMATAN PABELAN TAHUN AJARAN 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
KHILMATUL ULYA SKRIPSI.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Ulya, Khilmatul. 2020. Upaya Menciptakan Lingkungan Religius Siswa SMK Gajah Mada Kauman Lor Kecamatan Pabelan Tahun Ajaran 2019/ 2020.skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. H. Wahyudhiana, M. Pd. Kata Kunci: Upaya, Menciptakan, Siswa, Religius Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pelaksanaan upaya menciptakan lingkungan religius siswa SMK Gajah Mada Kauman Lor Kecamatan Pabelan Tahun Ajaran 2019/ 2020. (2) Untuk mengetahui apa yang menjadi faktor-faktor penghambat dan pendukung upaya menciptakan lingkungan religius siswa SMK Gajah Mada Kauman Lor Kecamatan Pabelan Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah termasuk dalam pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam memperoleh data di SMK Gajah Mada Kauman Lor Kecamatan Pabelan, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan peneliti dan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan upaya menciptakan lingkungan religius siswa SMK Gjah Mada Kauman Lor Kecamatan Pabelan Tahun Ajaran 2019/ 2020 diketahui melalui menciptakan kegiatan religius di sekolah yaitu kegiatan membaca Al-Quran, mujahadah dan salat zuhur bejamaah sehingga menciptakan kegiatan ukhuwah Islami menuju ibadah, untuk membentuk karakter dan sikap siswa sehingga mampu menjadi individu berkualitas, bukan hanya di sekolah tapi di luar sekolah, bahkan setelah tamat sekolah dan berada di tengah- tengah masyarakat. Metode yang digunakan dalam kegiatan membaca Al Quran yaitu metode thoriqoti dan sorogan yang dibimbing oleh guru, dalam menciptakan kegiatan mujahadah dan sholat zuhur berjamaah yaitu dengan metode pengawasan (controlling) dan evaluasi. (2) Faktor-faktor penghambat dan pendukung upaya menciptakan lingkungan religius siswa SMK Gajah Mada Kauman Lor Kecamatan Pabelan Tahun Ajaran 2019/2020. (a) Faktor penghambat yaitu: faktor internal dari siswa berupa kondisi malas, jenuh, kenakalan remaja, kurangnya komitmen dalam diri serta kesadaran siswa. Faktor eksternal yaitu kemampuan siswa yang berbeda-beda, adanya tempat yang menjadi tongkrongan siswa di luar sekolah, pengaruh lingkungan. (b) Faktor pendukung yaitu: faktor internal yang berasal dari siswa, guru dan kepala sekolah berupa kemauan, kediplinan, bimbingan dan arahan. Faktor eksternal di luar siswa dan bimbingan guru yaitu waktu dan lingkungan luar sekolah dan tempat ibadah.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Keislaman
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Oct 2020 15:06
Last Modified: 23 Oct 2020 15:06
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9422

Actions (login required)

View Item View Item