PENGARUH KUALITAS LAYANAN, PENGETAHUAN, DAN RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT MASYARAKAT KOTA SALATIGA MENABUNG DI BANK SYARIAH DENGAN PROMOSI SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Kasus Masyarakat Kota Salatiga)

Arrosyid, M Ari Harun (2020) PENGARUH KUALITAS LAYANAN, PENGETAHUAN, DAN RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT MASYARAKAT KOTA SALATIGA MENABUNG DI BANK SYARIAH DENGAN PROMOSI SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Kasus Masyarakat Kota Salatiga). [UNSPECIFIED]

[img] Text
PENGARUH KUALITAS LAYANAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Arrosyid, Muhammad Ari Harun. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan, Pengetahuan, Dan Religiusitas Terhadap Minat Masyarakat Kota Salatiga Menabung di Bank Syariah dengan Promosi Sebagai Variabel Moderatig (Studi Kasus Masyarakat Kota Salatiga). Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi S-1 Perbankan Syariah IAIN Salatiga. Pembimbing: Qi Mangku Bahjahtullah, Lc., M.Si. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan, pengetahuan, dan religiusitas terhadap minat masyarakat kota Salatiga menabung di bank syariah dengan Promosi sebagai variabel moderating. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Objek dalam penelitian ini adalah masyarakat kota Salatiga. Metode pengumpulan data yang digunakan dengan cara penyebaran kuisioner dengan interval (1-10), dengan pertanyaan menyangkut variabel penelitian. Sampel yang diambil sebayak 100 responden dengan teknik Purposive sampling adalah teknik pengambilan sampel berdasarkan kriteria tertentu. Data yang telah diperoleh dari pengumpulan data ini kemudian diolah menggunakan komputer dengan aplikasi SPSSStatistic 20. Metode analisis yang digunakan adalah uji instrument (uji validitas, dan uji reliabilitas), uji hipotesis (uji koefisisien determinasi, uji Ttest, dan uji Ftest, uji Moderated Regression Analysis (MRA), dan uji asumsi klasik (uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji normalitas). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, uji hipotesis Ttest menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap minat menabung, pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat, religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung. Dari hasil uji Ftest dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas layanan, pengetahuan, dan religiusitas mempengaruhi variabel minat menabung. Selain itu, pada uji MRA menunjukkan bahwa promosi tidak memoderasi pengaruh kualitas layanan dan pengetahuan terhadap minat. Namun promosi dapat memoderasi pengaruh religiusitas terhadap minat masyarakat kota Salatiga menabung di bank syariah.. Kata kunci: Kualitas layanan, Pengetahuan, Religiusitas, Minat, dan Promosi.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Oct 2020 22:46
Last Modified: 25 Oct 2020 16:06
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9455

Actions (login required)

View Item View Item