ANALISIS KESULITAN GURU MATEMATIKA MTS PANGERAN DIPONEGORO SALAMAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020 DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN DARING (DALAM JARINGAN) SELAMA MASA PANDEMI VIRUS CORONA

Makrufah, Siti Nahiyatul (2020) ANALISIS KESULITAN GURU MATEMATIKA MTS PANGERAN DIPONEGORO SALAMAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020 DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN DARING (DALAM JARINGAN) SELAMA MASA PANDEMI VIRUS CORONA. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Naskah Skripsi Revisi terbaru.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kesulitan apa saja yang dialami oleh guru matematika selama melakukan pembelajaran daring. (2) Untuk mengetahui faktor munculnya kesulitan dalam melaksnaakan pembelajaran daring. (3) Untuk mengetahui cara atau alternatif yang digunakan untuk meminimalisir kesulitan yang dialami Jenis penelitian skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research) kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yakni wawancara dan sumber data sekunder yang dapat menunjang penelitian. Pengumpulan data ini dilakukan dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dalam melaksanakan pembelajaran daring tersebut guru matematika mengalami beberapa kesulitan, diantaranya ada sebagian siswa yang tidak memiliki fasilitas seperti handphone android, keterbatasan sinyal, dan ada orang tua peserta didik yang kesulitan dalam membimbing anaknya.(2) Faktor yang mempengaruhi adanya kesulitan yaitu diantaranya yang dari sisi guru, beberapa guru termasuk guru matematika belum bisa menggunakan aplikasi-aplikasi terkini seperti google classroom dan lainnya sehingga hanya memakai group whatsapp, dari sisi siswa yaitu ada sebagian peserta didik yang tidak memiliki fasilitas pembelajaran daring seperti handphone android, paket data (bisa dikatakan sebagai faktor ekonomi), keterbatasan sinyal dan ada sebagian orang tua yang tidak memantau anaknya dalam belajar (3) Solusi yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan yang ada selama pelaksanaan pembelajaran daring yaitu diantaranya dengan menyediakan tugas offline, guru rutin melakukan komunikasi dengan orang tua peserta didik dan pengurus pondok pesantren serta pemberian fasilitas paket data kepada guru. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpukan bahwa kesulitan yang dihadapi guru matematika dalam menerapkan pembelajaran daring adalah kendala umum yang dapat dialami oleh guru lain, tidak ada kesulitan khusus yang hanya dialami oleh guru matematika.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Oct 2020 09:39
Last Modified: 26 Oct 2020 09:39
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9480

Actions (login required)

View Item View Item