IMPLEMENTASI APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN DARING MATEMATIKA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Analisa Kreativitas Mengajar Guru Matematika di SMP Negeri 4 Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020)

Faizah, Lailatul (2020) IMPLEMENTASI APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN DARING MATEMATIKA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Analisa Kreativitas Mengajar Guru Matematika di SMP Negeri 4 Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
faizah_fix[1].pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Faizah, Lailatul. 2020. Implementasi Aplikasi Google Classroom dalam Pembelajaran Daring Matematika Masa Pandemi Covid-19 (Studi Analisa Kreativitas Mengajar Guru Matematika di SMP Negeri 4 Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020). Skripsi, Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Wulan Izzatul Himmah, M. Pd. Kata Kunci: Implementasi; Google Classroom; Pembelajaran Daring; Masa Pandemi Covid-19; Kreativitas Mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui implementasi aplikasi google classroom pada pembelajaran daring metematika masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 4 Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020, (2) untuk mengetahui kreativitas mengajar guru matematika dalam mengimplementasikan aplikasi google classroom pada pembelajaran daring matematika masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 4 Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020, (3) Kendala yang dialami guru matematika dalam mengimplementasikan aplikasi google classroom pada pembelajaran daring matematika masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 4 Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020, (4) Upaya yang dilakukan guru matematika untuk mengatasi kendala dalam mengimplementasikan aplikasi google classroom pada pembelajaran daring matematika masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 4 Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer dan sumber sekunder. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru matematika, dan delapan siswa di SMP Negeri 4 Salatiga. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) implementasi aplikasi google classroom dalam pembelajaran daring matematika masa Pandemi Covid-19 menunjukkan tiga guru matematika menggunakan aplikasi tersebut seusai kebijakan dari kepala sekolah. (2) kreativitas mengajar guru matematika dalam mengimplementasikan aplikasi google classroom pada pembelajaran daring matematika masa Pandemi Covid-19 dari tiga guru berbeda-beda dalam kreativitasnya (3) Kendala yang dialami guru matematika dalam mengimplementasikan aplikasi google classroom pada pembelajaran daring matematika masa Pandemi Covid-19 dipengaruhi oleh kurangnya komunikasi terhadap siswa, sinyal, dan lain-lain. (4) Upaya yang dilakukan guru matematika untuk mengatasi kendala dalam mengimplementasikan aplikasi google classroom pada pembelajaran daring matematika masa Pandemi Covid-19 dengan komunikasi ke siswa, orang tua, wali kelas, dan lain-lain yang berperan dalam proses pembelajaran daring.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Oct 2020 13:05
Last Modified: 26 Oct 2020 13:05
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9541

Actions (login required)

View Item View Item