STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MEMBINA MENTAL KEAGAMAAN DAN PERCAYA DIRI SISWA DI SMP DARUSSALAM BERGAS KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2020

HUDA, MUHAMMAD NURIL (2020) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MEMBINA MENTAL KEAGAMAAN DAN PERCAYA DIRI SISWA DI SMP DARUSSALAM BERGAS KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
REVISI SKRIPSI NURIL Fixs Perpus.pdf

Download (3MB)

Abstract

Huda, Muhammad Nuril. 2020. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Membina Mental Keagamaan dan Percaya Diri Siswa di SMP Darussalam Bergas Kabupaten Semarang Tahun 2020. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Guntur Cahyono, M.Pd. Kata Kunci: Strategi, Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Membina Mental Keagamaan, Percaya Diri Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui strategi guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam membina mental keagamaan dan percaya diri siswa di Sekolah Menengah Pertama Darussalam Bergas. 2) Untuk mengetahui bentuk strategi guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam membina mental keagamaan dan percaya diri siswa di Sekolah Menengah Pertama Darussalam Bergas. 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam membina mental keagamaan dan percaya diri siswa di Sekolah Menengah Pertama Darussalam Bergas. Jenis penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer dan sumber sekunder. Pengumpulan data diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabssahan data diperoleh melalui triangulasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Dengan diadakannya suatu kegiatan dalam kaitannya guna membina mental keagamaan dan percaya diri siswa, agar siswa tersebut mempunyai karakter yang berakhlakul karimah, memiliki rasa percaya diri yang tinggi, dan memiliki tanggung jawab dalam menghadapi segala situasi. Strategi yang dilakukan melalui dua cara yaitu strategi secara langsung dan strategi secara tidak langsung. 2) SMP Darussalam Bergas mempunyai bentuk-bentuk pembinaan mental keagamaan dan percaya diri siswa, antara lain : Istighosah setiap hari Jum’at, dan pembacaan Asmaul Husna dan doa harian, dan muatan lokal berupa Yanbua dan Mabadi, dan sholat dzuhur berjamaah bagi seluruh warga sekolah, sholat dhuha, dan pembiasaan penanaman rasa nasionalisme pada siswa melalui menyanyikan lagu-lagu nasional, dan adanya kerjasama dengan tokoh masyarakat, TNI, atau Polri guna memberikan motivasi ataupun materi-materi yang berkaitan dengan bahaya narkoba, dan lain-lain. 3) Faktor pendukungnya yaitu dengan adanya arahan serta dorongan motivasi dari Kepala Sekolah. Adanya dukungan dari para pendidik di sekolahan, Sedangkan Faktor penghambatanya yaitu dari kualitas SDM yaitu siswa kurang memiliki rasa percaya diri dalam berkegiatan, adanya kesenjangan pengetahuan agama antara siswa yang dari pondok dan siswa dari luar, kemudian dari orang tua yang kuwalahan pada anaknya karena cenderung sering main HP.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Oct 2020 13:07
Last Modified: 26 Oct 2020 13:07
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9542

Actions (login required)

View Item View Item