Analisis Butir Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMP Negeri 3 Pabelan Tahun Pelajaran 2019/2020

SETYANINGSIH, TRI RAHAYU (2020) Analisis Butir Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMP Negeri 3 Pabelan Tahun Pelajaran 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI FINAL_TRI RAHAYU SETYARININGSIH_23060160029_T.IPA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui kualitas soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMP Negeri 3 Pabelan Tahun Pelajaran 2019/2020 yang ditinjau dari validitas, reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran dan efektiviitas pengecoh/distractor.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Pabelan Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 77 peserta didik dan objek dalam penelitian ini adalah soal dan kunci jawaban Penilaian Akhir Tahun (PAT) Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMP Negeri 3 Pabelan Tahun Pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 20 soal pilihan ganda. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi.Analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS Version 22.0 dan Microsoft Excel. Butir soal dinyatakan valid jika rxy ? 0,227; reliabel r11> 0,70; daya pembeda kriteria tidak baik (-), jelek (< 0,20), cukup (0,20 – 0,40), baik (0,41 – 0,70), baik sekali (0,71 – 1,00); tingkat kesukaran kriteria sukar (0,00 – 0,30), sedang (0,31 – 0,70), mudah (0,71 – 1,00); efektivitas pengecoh kriteria sangat baik (semua pengecoh berfungsi), baik (satu pengecoh tidak berfungsi), buruk (dua pengecoh tidak berfungsi), sangat buruk (tiga/semua pengecoh tidak berfungsi). Kualitas butir soal dapat dinyatakan memiliki kualitas yang baik apabila soal tersebut memenuhi empat kriteria, cukup baik apabila soal tersebut memenuhi tiga dari empat kriteria dan tidak baik apabila soal tersebut tidak memenuhi dua atau lebih kriteria yang ditentukan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) ditinjau dari Validitas, butir soal yang valid (80%) dan yang tidak valid (20%). (2) ditinjau dari Reliabilitas, soal memiliki reliabilitas yang tinggi sebesar 0,788. (3) ditinjau dari Daya Pembeda, butir soal yang termasuk kategori tidak baik (0%), jelek (10%), cukup (15%), baik (70%), baik sekali (5%). (4) ditinjau dari Tingkat Kesukaran, soal yang termasuk dalam kategori sukar (15%), sedang (40%), mudah (45%). (5) ditinjau dari Efektivitas Pengecoh/Distractor, soal yang memiliki pengecoh sangat baik (75%) , baik (15%), buruk (10%), sangat buruk (0%). Kualitas soal dinyatakan belum baik, hal tersebut diperoleh dari jumlah soal yang berkualitas baik sebesar (35%), cukup baik (35%) dan tidak baik (30%).

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Oct 2020 13:35
Last Modified: 26 Oct 2020 13:35
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9556

Actions (login required)

View Item View Item