PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TABUNGAN IB HASANAH TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANK BNI SYARIAH KCP UNGARAN

Primasari, Destika (2016) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TABUNGAN IB HASANAH TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANK BNI SYARIAH KCP UNGARAN. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
DESTIKA PRIMASARI 213-12-078.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Primasari, Destika. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Tabungan IB Hasanah Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank BNI Syariah KCP Ungaran.Skripsi.Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Perbankan Syariah S1, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Fetria Eka Yudiana, S.E., M.Si . Kepuasan nasbah menjadi prioritas utama pada penelitian ini karena tingkat yang semakin tajam diantara perusahaan perbankan di Indonesia.hal utama agar perusahaan dapat bertahan, bersaing dan menguasai pasar maka kualitas produk dan kualitas pelayanan harus ditingkatkan. Perbankkan harus memperhatikan hal-hal yang dianggap penting oleh nasabah. Agar nasabah merasa puas dan tidak beralih pada perbankan lain. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menguji apakah ada pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan nasabah menggunakan produk tabungan iB Hasanah. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah nasabah Bank BNI Syariah KCP Ungaran dalam satu semester dengan jumlah 1500 nasabah. Sampel yang digunakan sebagai objek dalam penelitian ini sejumlah 94 nasabah.Teknik pengumpulan sampel dilakukan dengan menggunakan Metode Sampling Acak (Random Sampling), yaitu teknik pengambilan anggota sampel dari populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada didalam populasi itu.Teknik analisis data dilakukan dengan metode regresi linier berganda dengan uji statistik terlebih dahulu.Uji statistik terdiri dari uji ttest, Ftest, koefisien determinasi (R2). Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan alat bantu IBM SPSS Statistic 16.0 Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linear berganda Y = 0,454 + 0.685X1+ 0.211X2.Hasil uji ttest menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayananberpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah, variabel kualitas produktabungan iBHasanah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah.Uji Ftest menunjukkan bahwa F hitung 200.780 dengan nilai signifikansi 0.000.Hal ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, kualitas produk secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan nasabah.Sedangkan hasil koefisien determinasi (R2) sebesar 0.815ini berarti kontribusi variasi variabel independen (kualitas pelayanan, kualitas produk) mampu menjelaskan variasi variabel dependen (kepuasan nasabah) sebesar 81,1% sedangkan sisanya sebesar 18,9% dijelaskan variasinya oleh variabel di luar model penelitian. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Kepuasan Nasabah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Oct 2016 07:25
Last Modified: 05 Oct 2016 07:25
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/957

Actions (login required)

View Item View Item