PEMBELAJARAN ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID19 SEBAGAI STRATEGI PEMBELAJARAN DAN CAPAIAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS III B MI AL-ITTIHAAD CITROSONO KECAMATAN GRABAG KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Khoirunnissa, (2020) PEMBELAJARAN ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID19 SEBAGAI STRATEGI PEMBELAJARAN DAN CAPAIAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS III B MI AL-ITTIHAAD CITROSONO KECAMATAN GRABAG KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI KHOIRUNNISSA 23040160133 PGMI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Khoirunnissa. 2020. Pembelajaran Online pada Masa Pandemi Covid19 Sebagai Strategi Pembelajaran dan Capaian Hasil Belajar pada Siswa Kelas III B MI Al-Ittihaad Citrosono Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2019/2020. Skirpsi. Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Maslikhah, S.Ag., M.Si. Kata Kunci: Pembelajaran Online, Strategi Pembelajaran, Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran online pada masa pandemi Covid19 sebagai strategi pembelajaran dan capaian hasil belajar pada siswa kelas III B MI Al-ittihaad Citrosono. Pertanyaan yang ingin dijawab dari penelitian ini adalah: bagaimanakah pembelajaran online pada masa pandemi Covid19? bagaimanakah strategi pembelajaran online pada masa pandemi Covid19? dan bagaimanakah hasil belajar online pada masa pandemi Covid19? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, informan penelitian ini adalah kepala madrasah, guru kelas III B, dan 2 orang siswa kelas III B. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan reduksi data, penyusunan data dan kategorisasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Pembelajaran online dilaksanakan secara daring dengan menyusun perencanaan dan pelaksanaan, perencanaannya yaitu membuat materi dan sosal evaluasi, sedangkan pelaksanaannya yaitu membagikan materi dan tugas ke grup WhatsApp serta siswa yang tidak memiliki handphone mengambil soal ke sekolah atau guru datang ke rumah siswa. Selain itu guru juga membuat RPP untuk pembelajaran online (2) Strategi pembelajaran sebagai perencanaan pembelajaran online menggunakan pendekatan dan model belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pendekatannya dengan menerangkan materi melalui video, siswa yang menjalani offline mempelajari materi dari LKS, metodenya yaitu guru membuat video yang sedang menerangkan materi kemudian dikirim melalui WhatsApp. Daring dilakukan setiap hari sedangkan luring ditentukan sendiri, pengumpulan tugasnya sesuai dengan kesepakatan guru. Medianya menggunakan foto atau video, siswa mengumpulkan tugasnya melalui link Google form. Materinya berasal dari buku paket maupun LKS dan sudah sesuai dengan kompetensi dasar, kemudian guru membuat soal sebagai evaluasi pembelajaran.(3) hasil belajar siswa menunjukkan bahwa tidak semua siswa dapat menjalani pembelajaran online dan hasil belajar siswa tidak semua tercapai disebabkan berbagai faktor seperti siswa tidak mempunyai handphone atau aplikasi WhatsApp , signal internet yang sulit dijangkau sebab rumah siswa yang berada di desa, kesadaran siswa akan tanggungjawabnya dalam mengerjakan tugas masih kurang, dan kesadaran orangtua maupun kondisi lingkungan yang kurang mendukung sehingga capaian hasil belajar siswa kurang maksimal.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Oct 2020 14:30
Last Modified: 02 Nov 2020 06:31
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9572

Actions (login required)

View Item View Item