Peningkatan Hasil Belajar Materi Kelahiran Nabi Muhammad dengan Metode Word Square pada Siswa Kelas VII SMP N 2 Salatiga Tahun Pelajaran 2019-2020

, Dian Aldi Kurniawan (2020) Peningkatan Hasil Belajar Materi Kelahiran Nabi Muhammad dengan Metode Word Square pada Siswa Kelas VII SMP N 2 Salatiga Tahun Pelajaran 2019-2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurniawan, Dian Aldi. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Materi Kelahiran Nabi Muhammad dengan Metode Word Square pada Siswa Kelas VII SMP N 2 Salatiga Tahun Pelajaran 2019-2020. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga . Pembimbing: Dr. Lilik Sriyanti, M.Si. Kata Kunci: Hasil Belajar, Word Square, Pendidikan Agama Islam Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam materi sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW dengan metode Word Square pada siswa kelas VII B di SMPN 2 Salatiga tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini digunakan untuk menjawab permasalahan yaitu apakah penerapan metode Word Square dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam materi sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW pada siswa kelas VII B SMPN 2 Salatiga tahun pelajaran 2019/2020. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklusnya melewati 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan/observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam peniltian ini menggunakan teknik pengamatan dan tes formatif yang dilaksanakan di kelas VII B di SMPN 2 Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Word Square dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam materi sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW di kelas VII B SMPN 2 Salatiga tahun pelajaran 2019/2020. Hal ini terbukti dari perolehan hasil belajar siswa yang terus meningkat. Dari hasil analisis 27 siswa Pra siklus memiliki data ketuntasan hasil belajar siswa yaitu 9 siswa yang tuntas atau dalam persentase 33,33%. Siklus I memiliki data ketuntasan hasil belajar siswa adalah 13 siswa atau persentasenya adalah 48,15% sehingga, dari pra siklus ke siklus I mengalami peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa yaitu 4 siswa atau 14,80%. Data ketuntasan siswa yang dimiliki siklus II yaitu sebanyak 24 siswa yang tuntas dan dalam persentasenya adalah 88,88% sehingga, dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 11 siswa atau sebanyak 40,74%, sehingga hasil siklus II yaitu 88,88% > KBM klasikal yaitu 85%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Oct 2020 18:55
Last Modified: 26 Oct 2020 18:55
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9588

Actions (login required)

View Item View Item