Pengaruh Marketing Mix Bank Syariah Terhadap Minat Menabung Nasabah Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Bank BRI Syariah KC Semarang)

DHONI, ARI (2020) Pengaruh Marketing Mix Bank Syariah Terhadap Minat Menabung Nasabah Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Bank BRI Syariah KC Semarang). [UNSPECIFIED]

[img] Text
Ari Dhoni (63010160363).pdf

Download (2MB)

Abstract

Dhoni, ari, 2020. Pengaruh Marketing Mix Bank Syariah Terhadap Minat Menabung Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Bank BRI Syariah KC Semarang). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi S1-Perbankan Syariah Institut Agama Islam Negri (IAIN) Salatiga. Pembimbing : Rifda Nabila, M.Si Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan bank syariah yang begitu pesat disetiap daerah. Semarang menjadi salah satu daerah adanya bank syariah berkembang. Kelangsungan hidup suatu bank untuk mendapatkan keuntungan juga dipengaruhi oleh kegiatan pemasaran. Kegiatan pemasaran itu marketing mix (produk, promosi, harga dan lokasi) sehingga kunci untuk menarik minat menabung pada bank syariah diperlukan marketing mix yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh marketing mix terhadap minat menabung dengan religiusitas sebagai variabel moderating (studi kasus pada BRI Syariah KC Semarang). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif pengumpulan dan data dilakukan melalui kuesioner dengan menggunakan skala1 sampai 5. Sampel yang di ambil sebanyak 100 responden dengan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan alat bantu IBM SPSS 25. Analisis ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji statistik, uji asumsi klasik dan uji Moderated Regression Analysis (MRA). Berdasarkan hasil uji Ttest yang menunjukan bahwa variabel produk dan harga tidak berpengaruh terhadap minat menabung. Sedangkan promosi dan lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung. Religiusitas berpengaruh terhadap minat menabung. Variabel religiusitas memoderasi produk, harga, dan lokasi terhadap minat menabung, sedangkan variabel religiusitas tidak memoderasi promosi terhadap minat menabung di BRI Syariah KC Semarang. Kata Kunci: produk, promosi, harga, lokasi, religiusitas, minat menabung.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Oct 2020 08:46
Last Modified: 27 Oct 2020 01:49
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9605

Actions (login required)

View Item View Item