KERJASAMA ORANG TUA DENGAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS DI SMK NEGERI 1 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

PERMATASARI, ANNISA ANGGUN (2020) KERJASAMA ORANG TUA DENGAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS DI SMK NEGERI 1 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
skripsi Annisa Anggun Permatasari_ 23010160102.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Permatasari, Annisa Anggun. 2020. “Kerjasama Orang Tua dengan Guru dalam Pembentukan Karakter Religius di SMKN 1 Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020”. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing: Dr. Fatchurrohman, M.Pd. Kata kunci: Kerjasama orang tua dengan guru, Karakter Religius. Penelitian ini difokuskan untuk (1) mengetahui bentuk kerjasama orang tua dengan guru dalam pembentukan karakter religius di SMKN 1 Salatiga (2) mengetahui faktor pendukung guru dan orang tua dalam pembentukan karakter religius di SMKN 1 Salatiga, dan (3) mengetahui faktor penghambat guru dan orang tua dalam pembentukan karakter religius di SMKN 1 Salatiga. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh berasal dari kepala sekolah, waka kurikulum, guru PAI. Teknik pengumpulan data menggunakan 1) observasi 2) wawancara, dan 3) dokumentasi. Sedangkan analisis data dengan tiga tahap yaitu (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data penulis menggunakan trianggulasi, metode, dan sumber. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) adanya bentuk-bentuk kerjasama orang tua dengan guru dalaam pembentukan karakter religius yaitu dilakukan melalui kegiatan-kegiatan yang mendukung dalam pembentukan karakter religius siswa antara lain pembiasaan sholat dhuha, sholat berjama’ah, infaq harian, peringatan hari besar (2) faktor pendukung kerjasama orang tua dengan guru dalam pembentukan karakter religius siswa di SMKN 1 Salatiga yaitu adanya keterlibatan yang mendukung upaya dalam membina kerjasama, kualitas pendidikan prasekolah dan memberdayakan orang tua (3) faktor penghambat yaitu kurangnya komunikasi guru dengan orang tua, sehingga orang tua tidak mengetahui perkembangan terhadap anak, perilaku anak tidak terkontrol, tidak adanya contoh dari orang tua terhadap anak, sehingga anak sulit untuk melaksanakan perintah yang diberikan.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Keislaman
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Oct 2020 10:12
Last Modified: 27 Oct 2020 10:12
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/9619

Actions (login required)

View Item View Item