MODEL PEMBELAJARAN ONLINE (DARING) MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMPN 4 AMBARAWA TAHUN AJARAN 2020/2021

FIRTIANI, IVAH NUR (2020) MODEL PEMBELAJARAN ONLINE (DARING) MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMPN 4 AMBARAWA TAHUN AJARAN 2020/2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
REVISI IVAH NUR FITRIYANI SKRIPSI FIX.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Fitriyani, Ivah Nur. 2020. Model Pembelajaran Online (Daring) Menggunakan Google classroom Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 4 Ambarawa Tahun Ajaran 2020/ 2021. Skripsi. Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Muhammad Istiqlal, M. Pd. Kata Kunci: Pembelajaran Online, Google Classroom, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Model Pembelajaran Online (Daring) Menggunakan Google classroom Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 4 Ambarawa. Pertanyaan yang ingin dijawab dari penelitian ini adalah: bagaimana pelaksanaan pembelajaran online (daring) menggunakan Google classroom pada pembelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti di SMPN Ambarawa Tahun Ajaran 2020/ 2021, apa saja faktor pendukung dan cara mengoptimalkan pelaksanaan pembelajaran online (daring) pada pembelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti di SMPN Ambarawa Tahun Ajaran 2020/ 2021, dan faktor penghambat dan bagaimana solusi mengatasi masalah tersebut? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, informan penelitian ini adalah Kepala Sekolah SMPN 4 Ambarawa, Guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, dan 5 orang siswa kelas VIII E. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan penghimpunan data, klasifikasi data, dan penyimpulan data.Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1)Pelaksaanaanya yaitu dengan melakukan koordinasi dengan guru untuk pembelajaran online. Dan bekerjasama dengan bapak ibu guru wali kelas untuk mendata siswa yang sudah bisa terhubung dengan pembelajaran dan siswa yang belum bisa terhubung, serta berusaha mencari solusi untuk menghadapi kendala itu. Untuk tenaga pendidik sendiri sudah dipersiapkan untuk menghadapi pembelajaran online ini.(2) Faktor pendukung dan cara mengoptimalkan dari pembelajaran online menggunakan google classroom ini yaitu tersedianya sarana prasarana di sekolah yaitu dengan pemasangan koneksi internet di setiap ruang kelas. Siswa sendiri juga sudah mempunyai media untuk mengakses aplikasi yang dipergunakan sekolah untuk pembelajaran daring. Pendidik juga sudah disiapkan ada pelatihan dari sekolah. Faktor penghambat yaitu kendala yang dihadapi para orang tua adalah adanya penambahan biaya pembelian kuota internet. (3) Solusi untuk mengatasi penghambat pembelajaran online yaitu dengan pemanfaatan sarana dan prasarana dengan optimal dapat menunjang efektifitas pembelajaran online,dengan pemberian modul pembelajaran untuk materi yang belum tersampaikan, dan untuk sementara bagi siswa yang belum bisa terhubung agar datang ke sekolah untuk mengambil tugas.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Oct 2020 11:31
Last Modified: 27 Oct 2020 04:36
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9634

Actions (login required)

View Item View Item