Analisis Pengaruh Merek Islam, Ulasan Konsumen, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian di Shopee Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening

HARTANTO, ADITYA BAGAS (2020) Analisis Pengaruh Merek Islam, Ulasan Konsumen, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian di Shopee Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. [UNSPECIFIED]

[img] Text
63020160144 - Aditya Bagas Hartanto.pdf

Download (3MB)

Abstract

Hartanto, Aditya Bagas. 2020. Analisis Pengaruh Merek Islam, Ulasan Konsumen, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Shopee Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi S1-Ekonomi Syariah IAIN Salatiga. Pembimbing: Dr. Agus Waluyo, M.Si. Penelitian ini dilalarbelakangi oleh perkembangan marketplace di Indonesia, salah satunya Shopee sebagai marketplace yang paling banyak digunakan di Indonesia. Berbagai cara dilakukan marketplace untuk menarik perhatian konsumen yang akan berdampak terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Islamic branding, ulasan konsumen, dan harga terhadap keputusan pembelian di Shopee dengan minat beli sebagai variabel intervening. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan kepada pengguna Shopee. Sampel yang diambil adalah 96 responden dengan teknik convenience sampling. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan path analysis untuk mengetahui pengaruh setelah dimediasi oleh variabel minat beli. Hasil analisis regresi pada penelitian ini menunjukkan bahwa merek Islam dan ulasan konsumen berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian namun variabel harga berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Kemudian variabel ulasan konsumen dan harga berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli namun variabel merek Islam berpengaruh positif tidak signfikan terhadap minat beli. Dalam uji analisis jalur variabel minat beli mampu memediasi pengaruh ulasan konsumen dan harga terhadap keputusan pembelian sedangkan minat beli tidak mampu memediasi pengaruh merek Islam terhadap keputusan pembelian. Kata Kunci: Merek Islam, Ulasan Konsumen, Harga, Keputusan Pembelian, Minat Beli.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Oct 2020 12:53
Last Modified: 27 Oct 2020 05:55
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9644

Actions (login required)

View Item View Item