PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS DRILL MATERI OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT PADA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

Minarni, (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS DRILL MATERI OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT PADA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
sudah revisi sesuai perintah Bu Eni, jilid (pdf.io).pdf

Download (2MB)

Abstract

Kesulitan siswa yang dialami dalam proses pembelajaran selama ini masih menggunakan cara yang lama sehingga hasil belajar siswa menjadi rendah. Penelitian Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Drill Materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar ini menyajikan alternatif dengan menerapkan metode Drill melalui kegiatan latihan soal secara berulang dapat meningkatkan hasil belajar tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Drill Materi Operasi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar ini dapat diketahui kualitasnya dengan cara menggunakan data yang diperoleh dari hasil angket yang diisi oleh validator dan beberapa siswa. Data diperoleh dari siswa kelas III MI Al Huda Kedungumpul Kecamatan Kandangan Kabupaten Temanggung. Jumlah subjek penelitian adalah 25 siswa. Analisis data menggunakan teknik deskripsi kuantitatif. Jenis instrument yang digunakan adalah pretest dan posttest. Hasil pengembangan berupa Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Drill Materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar mendapatkan nilai “valid” dari 2 validator, nilai “baik” untuk kepraktisan modul, dan nilai “efektif” dari respon siswa dan hasil belajar siswa. Tahapan pengembangan diawali dengan menganalisis kebutuhan dilapangan, membuat rancangan, pengembangan dengan memberikan drill, revisi dan saran dari para ahli, uji coba(penerapan) dan evaluasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Oct 2020 13:04
Last Modified: 03 Nov 2020 05:50
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9647

Actions (login required)

View Item View Item