EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN METODE AMTSILATI DALAM MEMBACA KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN HIDAYATUL MUBTADIIN DEMAK 2016

fikri, wahyu najib (2020) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN METODE AMTSILATI DALAM MEMBACA KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN HIDAYATUL MUBTADIIN DEMAK 2016. [UNSPECIFIED]

[img] Text
TESIS WAHYU NAJIB FIKRI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Fikri, Wahyu Najib. 2016. “Efektifitas Pembelajaran Metode Amtsilati dalam Membaca Kitab Kuning di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Demak”. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Urifatun Anis, M.Pd.I Kata kunci: Efektifitas, Metode Amtsilati, Membaca Kitab Kuning. Salah satu upaya untuk mempersiapkan para santri sebagai penerus ulama’ adalah dengan mampu membaca Kitab Kuning. Pada dasarnya Kitab Kuning adalah kitab yang berbahasa arab tanpa syakal dan arti yang biasanya kertasnya berwarna kuning yang dipergunakan oleh pondok-pondok salaf dalam mempelajari agama yang dikaji para santri dan dipimpin langsung oleh kiyai, akan tetapi sekarang ada yang namanya Kitab Putih yang biasanya dipergunakan oleh perguruan tinggi dalam mengkaji ilmu-ilmu umum. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan dari permasalahan: 1). Bagaimana Metode-metode yang digunakan dalam membaca Kitab Kuning di Pondok Pesanten Hidayatul Mubtadiin Demak.? 2) Bagaimana Penerapan Metode Amtsilati dalam membaca Kitab Kuning Di Pondok Pesanten Hidayatul Mubtadiin Demak.? 3) Bagaimana Kelebihan dan Kekurangan dalam menerapkan Metode Amtsilati dalam membaca kitab kuning Di Pondok Pesanten Hidayatul Mubtadiin Demak. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, maka kehadiran peneliti di lapangan sangatlah penting. Data yang yang berbentuk kata-kata diperoleh dari informan sedangkan data tambahan diperoleh dari dokumen. Analisis data dilakukan dengan cara menelaah data yang ada kemudian melakukan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: 1. Masih menggunakan metode klasikal (salaf) yang mandiri, yaitu metode yang memang dikemas dengan tanpa menghilangkan bentuk-bentuk pembelajaran salafi, akan tetapi juga mengambil metode pembelajaran yang modern. 2. Dalam praktik membaca kitab kuning menggunakan kitab pedoman yaitu Qoidah, Shorfiyah dan Tatimmah. 3. a) Peletakan rumus yang disusun secara sistematis b) Contoh diambil dari Quran dan Hadist c) Siswa dituntut untuk aktif, komunikatif, dan dialogis e) Penyelesaian gramatika bahasa Arab melalui penyaringan dan pentarjihan. Adapun beberapa kekurangan yang dimiliki metode Amtsilati ini, diantaranya adalah sebagai berikut: a) Santri cepat merasa bosan karena metode ini membutuhkan kesabaran, kedisiplinan pada setiap individu b) Kekurangan lainya yaitu dalam pelaksanaanya metode astsilati di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi’in menggunakan Kurikulum Berbasis Kelas.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama
Divisions: ?? PASCA-PAI ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Oct 2020 13:49
Last Modified: 19 Nov 2020 06:27
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9663

Actions (login required)

View Item View Item