PENERAPAN METODE THORIQOTY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN SISWA DI SMP MAMBAUS SHOLIHIN SANANKULON BLITAR TAHUN 2020/2021

KURDIADI, YANUAR (2020) PENERAPAN METODE THORIQOTY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN SISWA DI SMP MAMBAUS SHOLIHIN SANANKULON BLITAR TAHUN 2020/2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Yanwar Kurniady (23010160421) Skripsi FIKS 1.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kurniadi, Yanwar. 2020. Penerapan Metode Thoriqoty Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Di SMP Mambaus Sholihin Sanankulon Blitar Tahun 2020/2021. Skripsi, Salatiga: Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Salatiga. Pembimbing: Dra. Hj. Ulfah Susilawati M.S.I Kata Kunci: metode thoriqoty Tujuan yang akan dicapai dalam peneitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Thoriqoty dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an, bagaimana peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa melalui metode Thoriqoty serta bagaimana kelebihan dan kekurangan dari penerapan metode Thoriqoty untuk meningkatkan kemampuan siswa di SMP Mambaus Sholihin Sanankulon Blitar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif diskriptif. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan angket serta data pendukung lain melalui dokumentasi. Sumber data yang diperoleh yaitu meliputi data dari hasil wawancara dari informan yaitu Kepala Sekolah, Wali Siswa, Guru Thoriqoty. Adapun selain informan yaitu subyek penelitian, subyek penelitian adalah siswa SMP Mambaus Sholihin Sanankulon Blitar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pertama, penerapan metode Thoriqoty di SMP Mambaus Sholihin menggunakan teknik klasikal murni, klasikal baca simak, dan klasikal individual, dipandu dengan kitab Thorioti jilid 1-6,Ghorib Musykilat dan juz amma Thoriqoty. Kedua, peningkatan kemampuan siswa SMP Mambaus Sholihin setelah satu tahun belajar membaca Al-Qur’an metode Thoriqoty sudah baik, dibuktikan dengan tolak ukur indikator kemampuan membaca Al-Qur’an. Ketiga, kelebihan metode Thoriqoty yaitu sistem pembelajarannya yang menarik, efektif, menuntut guru kreatif dan penggunaan irama Rasm Ustmani yang menjadi ciri khas Throriqoty, sedangkan kekurangannya yaitu pembelajaran daring membuat proses pembelajaran tidak optimal, pembelajaran jilid 1-6 siswa mudah jenuh serta tidak adanya perencanaan pembelajaran secara sistematis.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Oct 2020 13:51
Last Modified: 02 Nov 2020 02:03
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/9664

Actions (login required)

View Item View Item